Kesehatan

Berpuasa Bisa Menurukan 5 Jenis Penyakit, Salah satunya Kanker

| Senin 27 Feb 2017 11:04 WIB | 2408




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Ada beragam metode diet yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan. Salah satunya dengan meniru puasa. Selain mendapatkan berat badan ideal, diet ini juga dapat mengurangi risiko penyakit.

Dr Min Wei dari UCLA Longevity Institute dan rekannya menguji efek dari metode yang dinamai diet PMK tersebut, terutama pada orang dengan faktor risiko diabetes, penyakit jantung, kanker, dan lainnya.

Diet PMK mirip dengan asupan orang yang berpuasa, dengan menyarankan asupan yang rendah kalori, gula, dan protein, namun tinggi lemak tak jenuh.

Sebanyak 48 peserta penelitian makan normal selama tiga bulan, sementara 52 peserta lainnya mengadopsi diet PMK selama lima hari setiap bulan.  

Setelah tiga bulan, meskipun semua peserta dianggap sehat, beberapa memiliki tekanan darah tinggi, rendahnya kadar kolesterol baik (HDL), dan faktor risiko lainnya. Berbeda pada kelompok yang mengadopsi PMK, tercatat indeks massa tubuh, gula darah, dan kolesterol mengalami perbaikan, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko penyakit. Sisi negatifnya, penganut PMK mengalami efek samping ringan berupa kelelahan, lemah, dan sakit kepala.

Diet PMK diperuntukkan bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas. Diet ini juga baik diterapkan pada mereka yang sakit karena faktor usia.

Namun, diet ini tidak boleh diterapkan pada anak-anak di bawah 18 tahun, wanita hamil dan menyusui. Selain itu, diet ini juga tidak cocok jika dipakai oleh mereka yang memiliki gangguan penyakit metabolik, hati atau ginjal tertentu yang mungkin akan mengalami komplikasi apabila berada pada kondisi rendah glukosa dan protein.

Sementara itu, masih belum jelas apakah metode diet ini mempengaruhi massa otot dalam jangka panjang dan apa dampaknya pada kesehatan


Share on Social Media