Kesehatan

Saat Ini, HIV Lebih Mudah Diobati daripada Kanker

Maman | Minggu 26 Feb 2017 19:12 WIB | 1402



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM - Beberapa tahun lalu pasien Human Immunodeficiency Virus (HIV) mungkin sangat disegani karena dianggap mengidap penyakit mematikan. Namun di zaman modern seperti sekarang berkat kemajuan ilmu medis pasien HIV menurut dokter justru bisa dibilang lebih ringan dari pasien kanker.

Dilansir Profesor dr Zubairi Djoerban, SpPD, KHOM, FINASIM, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan bahwa saat ini pasien HIV sudah bisa hidup normal sama seperti orang yang tidak terinfeksi dengan rutin minum obat. Oleh karena itu pasien HIV tidak perlu sungkan lagi mencari pelayanan kesehatan.

"Dulu-dulu memang jauh lebih berat obatin HIV daripada kanker karena kalau kanker kan 1-2 pasien ada yang sembuh tapi kalau HIV tentu semuanya meninggal," kata Prof Zubairi ketika ditemui di gedung IMERI, Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (22/2).

"Tapi sekarang sebaliknya, pasien HIV yang bisa bertahan lebih banyak dari pasien kanker," lanjut Prof Zubairi.

Menurut Prof Zubairi zaman dahulu pasien HIV mungkin hanya memiliki harapan hidup maksimal dua tahun. Kini dengan kemajuan medis obat antiretroviral (ARV) pasien HIV dapat hidup bahkan sampai 20 tahun lebih setelah terinfeksi dan masih sehat.

Hanya saja kendalanya yang masih ada hingga saat ini adalah kemampuan diagnosis HIV di Indonesia lemah.

"Kalau di Afrika Selatan mereka 30 persen penduduknya sudah diperiksa HIV. Kalau di China mereka 70 juta penduduknya diperiksa. Kita minimal harus sampai 30 juta tes penduduk setiap tahun karena makin cepat diobati maka angka kematian akan semakin turun," pungkas Prof Zubairi.(detikhealth/f)



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait