Batam

Peduli Lingkungan, Komunitas Sepeda Batam Lakukan Penghijauan di Waduk Duriangkang

| Minggu 26 Feb 2017 15:34 WIB | 1622



Ratusan Goweser ikut ambil serta dalam program penanaman pohon di Waduk Duriangkang


MATAKEPRI.COM, Batam - Sebagai bentuk memelihara ekosistem lingkungan hutan, sekaligus menjaga kualitas air baku di Batam, Komunitas Sepeda Badan Pengusahaan (BP) Batam BIFZA Cycling Community (BCC) bersama puluhan komunitas sepeda yang ada di Kota Batam mengadakan kegiatan lingkungan berupa penghijauan di daerah tangkapan air (catchment area) waduk Duriangkang pada Minggu(26/2/2017) pagi. 

Kegiatan bertajuk “Let’s Go Green for Duriangkang” dengan tema 'One Tree for One Life' sengaja digelar sebagai bentuk kepedulian omunitas sepda di Batam terhadap kondisi daerah tangkapan air yang sudah gundul, sehingga perlu dilakukan penghijauan demi ketahanan air di Pulau Batam yang harus terus dilestarikan dan dijaga. 

Mengingat kondisi persediaan air baku pada saat ini sudah sangat memprihatinkan dengan debit air semakin berkurang. 

"Kita menyadari bahwa hutan, khususnya Hutan Duriangkang, di mana di dalamnya terdapat sumber air yang kita butuhkan, sangat berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus penyokong ketersediaan air, sumber energi dan jasa lingkungan lainnya termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati," kata Juhardi, Ketua Panitia Pelaksana “Let’s Go Green for Duriangkang" kepada Matakepri.com.

Ia juga mengatakan, hal ini sengaja dilakukan mengingat dampak pemanasan global di bumi tidak dapat diabaikan dan dibiarkan begitu saja. Bentuk kepedulian terhadap lingkungan diwujudkan dengan menanam 1.200 pohon dengan berbagai jenis.

"Dengan penanaman pohon, akan menghijaukan kembali kawasan hutan lindung yang berada di catchment area waduk. Sehingga diharapkan akan dapat menciptakan daerah tangkapan air lebih maksimal terutama saat musim hujan tiba,"tambahnya.

Kegiatan yang dimotori oleh BIFZA Cycling Community dan Bike to Work (B2W) ini diikuti oleh lebih dari 500 orang antara lain berasal dari komunitas sepeda se-Batam dan kelompok pencinta alam, yang didukung oleh Badan Pengusahaan BP Batam, Polda Kepri, TNI dari KODIM 0316 Batam dan Suzuki Club Motor (SCI).

Serta didukung oleh perusahaan-perusahaan seperti PT Panasonic Industrial Devices Batam, PT Esun Internasional Utama Indonesia, PT Panbill Utilitas Sentosa, Yayasan Citramas, dan PT ATB, Sanford Air Minum dan Pocari Sweat, serta kalangan perbankan, yaitu Bank Mandiri Cabang Batam, Bank BNI Cabang Batam, serta Ikatan Notaris Indonesia.

Kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh elemen pemerintah dan masyarakat Kota Batam untuk menumbuh kembangkan kepedulian terhadap lingkungan dan masa depan sumber air di masa yang akan datang.(*)




Share on Social Media