News

15 Mei, PT POS Indonesia Bakal Luncurkan Prangko Edisi Pattimura

| Rabu 22 Feb 2017 21:04 WIB | 1382



Perangko Edisi PAttimura


MATAKEPRI.COM - Jika tidak ada halangan, Pada 15 Meri 2017 mendatang PT Pos Indonesia akan meluncurkan perangko edisi khusus 200 tahun peringatan pahlawan nasional, Pattimura.

Wakil Ketua Kantor Pos Ambon, Alex Nitalessy, di Ambon, Rabu, menyatakan, rencana peluncuran perangko pahlawan nasional direncanakan akan dilakukan bertepatan dengan 200 tahun Pattimura yakni 15 Mei 2017.

Usulan pembuatan perangko edisi 200 tahun pahlawan Pattimura itu, kata dia, berasal dari pemerintah Provinsi Maluku dan ditindaklanjuti ke PT Pos Indonsia, dan kemudian disetujui untuk diluncurkan.

200 tahun lalu Kapitan Pattimura bangkit melawan berbagai bentuk penjajahan, penindasan dan ketidakadilan yang terjadi di Maluku.

"Perjuangan Pattimura merupakan embrio dari perjuangan menuju Indonesia merdeka, sekaligus menjadi semangat bagi pattimura muda bangkit melawan berbagai bentuk penjajahan di era modern," katanya. 

Pattimura, yang kemudian beroleh gelar kapiten, lahir di Haria, Pulau Saparua, pada 8 Juni 1783. Dia terlahir bernama asli Thomas Matulessy, sebagai anak dari pasangan Frans Matullesia dan Fransina Tilahoi. Pattimura gugur pada 18 Desember 1817. 

Nama Pattimura kemudian diabadikan menjadi nama universitas negeri di Ambon, Universitas Pattimura, dan nama bandara terbesar di Maluku, Bandara Pattimura. 

Namanya juga diabadikan sebagai nama jalan di banyak kota di Indonesia. Bagi TNI AD, namanya sangat penting, sehingga komando teritorial terbesar di Maluku dinamai Kodam XVI/Pattimura. (*)




Share on Social Media