Kesehatan

Penyekit Multiple Sklerosis Dapat Terdeteksi dengan Tes Darah Sederhana

| Rabu 08 Feb 2017 11:55 WIB | 2327




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Sebuah studi di Scientific Reports melaporkan bahwa tes darah sederhana bisa memberitahu jenis penyekait multiple sklerosis yang diderita seseorang.

Multiple sklerosis adalah penyakit sistem saraf yang dapat mengganggu kontak antara otak dengan seluruh anggota tubuh sehingga menyebabkan masalah matorik dan lemah otot.

"Penemuan yang dilakukan selama 12 tahun ini membuat para peneliti dapat menentukan tipe MS pada pasien dengan tingkat akurasi 85-90 persen," demikian pernyataan dari Macquarie University di Sidney.

Penentuan jenis penyakit biasanya dilakukan melalui serangkaian tes yang mahal dan waktu yang lama. Namun, tes darah yang sederhana dapat mempercepat proses tersebut. Dengan demikian, pengobatan bisa segera dilakukan agar hasilnya menjadi efektif.

Gagasan tersebut bermula dari kecendurangan peradangan yang berkontribusi dalam menimbulkan penyakit degenerasi saraf (salah satunya MS) di saluran kynurenine. Dalam saluran tersebut, terjadi proses pemecahan triptofan, asam amino yang memengaruhi pertumbuhan, suasana hati, pola tidur, dan berbagai hal lain.

Sementara, hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar triptofan dan tiga zat lain juga ternyata melalui saluran yang sama dengan jenis MS.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa intervensi medis untuk menyeimbangkan saluran kynurenine melaluiĀ  pengobatan baru dapat memperlambat perkembangan MS.

"Tes klinis darah ini kemungkinan sudah bisa digunakan dalam dua tahun ke depan," menurut universitas

Share on Social Media