News

Seorang Miliarder Secara Misterius Menghilang Dari Salah Satu Hotel Mewah.

| Kamis 02 Feb 2017 00:32 WIB | 2314



Misteri hilangnya Xiao Jianhua menjadi berita utama di berbagai surat kabar Hong Kong.(Istimewa)


MATAKEPRI.COM, Hongkong - Seorang miliarder Cina secara misterius hilang dari hotel yang ditempatinya di Hong Kong dalam suatu kasus yang membuat otonomi wilayah itu dipertanyakan.

Xiao Jianhua, salah satu orang paling kaya di Cina, terekam kamera pengawas sedang meninggalkan Four Seasons Hotel.

Ia tampak dikawal oleh sekelompok pria yang tidak diketahui jati diri mereka. Kepolisian Hong Kong mengukuhkan Xiao Jianhua sudah menyeberang ke Cina.


Perusahaan Xiao, Tomorrow Group, semula mengunggah pernyataan di media sosial yang menyebutkan ia diculik. Namun pernyataan itu kemudian dihapus.

Xiao juga menelepon istrinya untuk mencabut laporan orang hilang. Polisi sebelumnya melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan orang hilang dari seorang anggota keluarga, tetapi sehari sesudahnya anggota keluarga itu mencabut laporannya setelah mendapat kabar Xiao 'aman'.

Jumlah kekayaannya ditaksir hampir mencapai US$6 miliar atau sekitar Rp80 triliun.

Xiao diketahui sebagai seorang pemimpin mahasiswa ketika masih kuliah di perguruan tinggi bergengsi, Universitas Peking. Usahanya lebih banyak bergerak di bidang keuangan.

Pada 2014, orang kaya kelahiran Cina itu membantah bahwa ia berpindah ke Hong Kong untuk menghindari penyelidikan kasus korupsi yang dilancarkan oleh pemerintah Cina.

Hilangnya Xiao ini memiliki persamaan dengan penahanan lima penjual buku dari Hong Kong oleh otorita Cina tahun lalu. Salah seorang di antara mereka mengaku dipaksa mengatakan bahwa ia pergi ke Cina atas kemauan sendiri.(*)




Share on Social Media