Karimun

BRAVO... Pemkab Karimun Raih Peringkat Keempat LHE-AKIP Se-Indonesia

| Kamis 26 Jan 2017 12:16 WIB | 3426




MATAKEPRI.COM, Karimun - Kabupaten Karimun memperoleh peringkat keempat atau sangat baik dengan nilai BB terkait Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE-AKIP) tahun 2016.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Asman Abnur didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Hotel Grand Royal Penghegar, Bandung, Rabu (25/1/2017).

Selain Karimun, dua kabupaten lainnya yang memperoleh nilai sama adalah Kota Tanjungpinang dan Kota Sukabumi. Sementara, nilai A diraih Kota Bandung. Penyerahan LHE-AKIP 2016 tersebut dibagi atas tiga regional. Regional pertama mewakili wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat.

Regional yang dievaluasi oleh KemenPAN RB, mewakili 172 kabupaten/kota. Untuk regional I, terdapat satu kota yang memperoleh prediket A, tiga kota nilai BB dan 17 kabupaten/kota yang meraih nilai B, 81 kota meraih nilai CC, 69 kabupaten/kota meraih prediket C danĀ  serta satu kabupaten yang meraih prediket D.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur memberikan apresiasi kepada seluruh kabupaten/kota yang telah predikat baik dan sangat baik. Sementara, bagi kabupaten/kota yang belum mendapatkan hasil maksimal agar mengoptimalkan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Asman Abnur dalam kesempatan itu menekankan kepada seluruh kepala daerah akan pentingnya mewujudkan pemerintahanĀ  yang berorientasi hasil dengan mengubah mind set bekerja secara terstruktur untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, keseriusan dan komitmen pimpinan instansi pemerintah juga mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi.

"Saya mengharapkan kepada Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah di seluruh Indonesia agar lebih serius lagi dalam memberikan perhatian untuk terwujudkan tata pemerintahan yang baik. Kepada seluruh aparatur agar bisa bekerja secara terstruktur untuk kepentingan kesejahteran masyarakat," tuturnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq nampak tersenyum ketika menerima LHE-AKIP 2016 dengan prediket sangat baik yang diperoleh Kabupaten Karimun. Dia menyebut, hasil yang diperoleh tersebut merupakan bentuk capaian kinerja yang telah dilakukan aparatur di Karimun dengan baik dan bekerja secara sungguh-sungguh.

"Prediket BB yang diraih Kabupaten Karimun dalam LHE-AKIP ini merupakan kinerja keras yang telah dilakukan seluruh aparatur dalam bekerja. Meski saat ini kita meraih prediket BB, namun kita tidak boleh merasa puas diri. Kalau dapat ke depannya semua aparatur harus bisa meningkatkan kinerjanya hingga bisa memperoleh nilai A," tutur Rafiq.

Selain Bupati Aunur Rafiq, penyerahan LHE-AKIP di Bandung tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah Karimun Muhammad Firmansyah, Asisten III Setdakab Karimun Hurnaini, Kepala Bagian Protokol Dwi Yandri Kurniawan, Kepala Bagian Humas Eko Purwanto dan Ketua Korpri Kabupaten Karimun Mitrayati. (ferry)



Share on Social Media