News

Agar Iman Warganya tetap Terjaga, Pemkot Bandung Terapkan Dai Bertausiyah di Bus Kota

| Senin 23 Jan 2017 11:39 WIB | 2365




MATAKEPRI.COM, Jakarta- Untuk menjaga image sebagai Kota yang Islami, Kota Bandung terus memaksimalkan pelayanan yang maksimal di bidang religi. Salah satu terobosan yang dilakukan, adalah Pemerintah Kota Bandung bekerja sama dengan Perum Damri dan Yayasan Amal Terbaik membuat Dai Bus Kota. Dai Bus Kota ini diresmikan Ahad petang lalu (23/1).

Menurut Manager Usaha Perum Damri Kota Bandung Giarno, Perum Damri Kota Bandung mengoperasikan bus sebanyak 175 unit. Dengan jumlah bus yang cukup banyak tersebut, pihaknya akan memberikan ruang tausiyah yang nyaman. "Setiap bus kita berikan penceramah yang menyampaikan nilai-nilai keislaman," ujar Giarno, Senin (23/1).
 
Menurut Giarno, bus ini beroperasi meliputi beberapa trayek yang dilintasinya. "Jadi masing-masing trayek ada yang 15 unit dan 20, itu bervariasi saja, lihat situasi dan kondisi," katanya.

Jumlah dai yang disiapkan untuk berceramah di bus, dia mengatakan, sebanyak 39 dai. Mereka, akan memberikan tausiah dalam bus kota selama perjalanan. "Jadwalnya tausiahnya setiap hari, cuma waktunya tidak ditentukan baik pagi, siang atau pun sore hari," katanya.

Giarno mengatakan, pihaknya akan melihat berapa bulan atau beberapa tahun program ini bisa berjalan dan bagaimana perkembangannya. "Mudah-mudahan program ini terus berkembang sehingga Kota Bandung semakin Islami di bidang keagamaan," katanya.

Sementara menurut Perwakilan, dari Bagian Kesra Pemkot Bandung Miftah dai bus kota ini merupakan pelayanan dengan memberikan siraman rohani untuk penumpang di bus. Tujuannya, agar selama dalam perjalanan mereka tidak bosan. "Biasanya dalam kendaraan yang di dengar itu musik. Nah sekarang kita berikan dakwah di dalam bus supaya penumpang merasakan suasana yang baru ketika dalam perjalanan," katanya.

Selain itu, dia mengatakan, melalui program ini pemkot berharap agar penumpang bisa merasa nyaman dalam bus. Dalam waktu yang singkat, para pendakwah akan memberikan tausiah yang singkat padat dan mudah dipahami. "Mudah-mudahan kegiatan Dai Bus Kota ini terus berjalan. Kedepannya harus lebih semangat lagi, berikanlah dakwah yang menarik dan nilai Islaminya pun terus dikembangkan," kata Miftah.



Share on Social Media