News

Masa Kecil Polwan Cantik Ini Pernah Berjualan Kerupuk

| Minggu 22 Jan 2017 09:20 WIB | 1816




MATAKEPRI.COM - Lahir dari keluarga petani kecil membuat Vivi Eva Alviana mesti pintar-pintar mengatur uang. 

Sejak kecil, perempuan kelahiran 23 Agustus 1996 ini sudah membiasakan hidup mandiri dan menabung uang yang dia perolehnya dari bekerja.

Kebiasaan keren itu pun berlanjut sampai kini, ketika dia sudah menjadi Polisi Wanita (Polwan). Vivi adalah polwan yang kni berdinas di Polres Gresik.

Ditemui Surya.co.id, Vivi bercerita tentang kebiasaannya menabung sejak kecil. Menurutnya, sejak masih umur belasan tahun, dia sudah ikut bekerja membungkus kerupuk. Uang hasil membungkus kerupuk itu lantas ditabungnya.

"Upahnya saya tabung sedikit demi sedikit. Kadang untuk beli keperluan sekolah. Seperti pensil, tas dan buku. Terkadang juga saya kasihkan ke orangtua untuk modal beli benih tanaman dan pupuk," kata alumni SMPN 1 Kanor, Bojonegoro, Jumat (20/1/2017).

Kerja sampingan tersebut terus dilakukan gadis Desa Sedang, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, sampai lulus SMA Negeri 1 Sumberejo.

Bahkan untuk daftar menjadi Polisi juga dari uang tabungan yang didapat dari bekerja bungkus kerupuk.

Dulu upahnya hanya sedikit. Satu bulan hanya Rp 500.000 sampai Rp 1 juta," kata alumnus SMA Negeri 1 Sumberejo.

Kini, ketika sudah mendapat gaji tetap dari bekerja sebagai polisi, Setiap bulan, dia selalu sisihkan sebagian untuk dikirim ke kampung halaman, kepada orangtua yang sehari-hari bekerja sebagai petani.

Gadis kelahiran 23 Agustus 1996, ini tidak menyangka bisa menjadi Polwan. Sebab, cita-cita yang diharapkan sebenarnya adalah menjadi guru.

Namun ketika ada kesempatan untuk mendaftar sebagai polwan, dia tetap memberanikan diri mendaftar hingga akhirnya dinyatakan lulus rangkaian seleksi.

"Cita-citanya menjadi guru. Kemarin mencoba mendaftar Polisi. Alhamdulillah diterima. Itupun juga menggunakan uang tabungan sendiri untuk melengkapi perlengkapan administrasi. Seperti foto kopi dan beli meterai," kata Polwan angkatan 2014.

Sekarang setelah menjadi Polwan, Vivi selaku kakak pertama dari dua bersaudara masih terus menabung untuk keperluan keluarga dan keperluan sekolah adiknya yang masih kelas III SD.

"Orang tua asli petani, sehingga saya tetap menabung untuk orang tua," kata gadis yang punya hobi bernyanyi lagu dangdut ini.

Sampai tugasnya di Polres Gresik, Vivi terus beradaptasi dengan teman-temannya dan lingkungan baru.

"Sekarang ini tetap saya tekuni untuk menjadi Polisi. Sikap disiplin ini telah saya tanamkan di keluarga sesuai bimbingan orang tua," katanya.(*)




Share on Social Media