Kesehatan

Memberikan ASI Secara Langsung Tingkatkan Hormon Kasih sayang

| Rabu 18 Jan 2017 15:27 WIB | 2295




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Memberikan air susu ibu peras (ASIP) menjadi pilihan bagi ibu menyusui yang juga bekerja di luar rumah. Dengan begitu kebutuhan bayi terhadap ASI tetap akan tepenuhi. Namun cara ini bukan berarti bisa menjadi pengganti  menyusui bayi langsung pada puting payudara. Ibu tetap harus memberikan waktu bagi bayi untuk minum ASI secara langsung.

Menyusui langsung dari payudara tetap dinilai yang terbaik. Menurut dr. Utami Roesli, Sp.A, IBCLC, FABM, justru sangat baik bila ibu memberikan ASI lebih sering dengan cara alami ini. Pakar laktasi tersebut juga mengatakan ada keuntungan tersendiri saat bayi meyusu pada ibunya yaitu terciptanya ikatan ibu dan bayi, produksi hormon tertentu, dan nutrisi.

“Kalau kita menyusui hampir pasti kulit ibu akan merekat dengan kulit bayi membuat perasaan nyaman. Jadi ikatan kasih sayang akan lebih tinggi. Studi sudah melihat dalam jangka panjang menyusui akan berpengaruh untuk kesehatan mental anak karena dia tumbuh dalam rasa aman dekapan ibu,” ujarnya seperti dikutip laman Detik Health.

Di samping itu, menyusui melalui puting dapat merangsang tubuh memroduksi hormone oksitosin. Hormon ini dikenal sebagai hormon cinta dan mampu meredam stress. Ibu menjadi lebih sehat mentalnya karena merasa bahagia. Bila ibu hanya memberikan ASI peras, maka bayi hanya akan memperoleh manfaat nutisi saja. Dua keuntungan lainnya tidak bisa didapatkan.

“Kalau memberikan ASIP saja berarti kan cuma dapat nutrisi apa yang ada di dalam ASI. Ada lho ibu-ibu yang bangga eksklusif pumping. Itu salah, itu sama sekali enggak sama dengan menyusui,” kata dr Utami.

Kegiatan laktasi kembali digalakkan belakangan ini. Pasalnya, nutrisi yang didapatkan dari ASI  cukup seimbang kadarnya dan diperlukan bayi. Hal tersebut tidak bisa digantikan oleh susu formula sekalipun susu tersebut diperkaya dengan beragam zat-zat gizi. Dan, memberikan ASI secara langsung melalui payudara memiliki manfaat lebih baik dan tidak sekadar hanya memberikan nutrisi saja.



Share on Social Media