News, Kesehatan

Sebelum Mengonsumsi Makanan Khas Jepang "Sushi", Baca Ini Dulu

| Minggu 15 Jan 2017 08:28 WIB | 2159



ilustrasi Sushi


MATAKEPRI.COM - Makanan Jepang, sushi memiliki tempat sendiri di hati para pecintanya. Nyatanya sushi bukan hanya sebatas makanan yang bisa memanjakan lidah dan mengenyangkan perut. Banyak hal yang berkaitan erat dengan sushi termasuk tradisi dan etika menyantapnya.

Sebagaimaan dilansir Grunge, berikut ada empat fakta atau mitos seputar sushi yang umum namun kadang belum diketahui banyak orang.

Jangan makan sushi pada hari Senin

Ini Mitos. Banyak orang beranggapan ikan segar dari pasar hanya dikirim setiap Selasa atau Rabu setiap minggunya. Jadi orang menyimpulkan bahwa memesan sushi di hari Senin akan dilayani dengan stok ikan minggu lalu. 

Pengiriman seafood ini mungkin terjadi di masa lampau saat dimana moda transportasi masih sangat terbatas. Kini di tengah perkembangan zaman yang modern, ikan segar hampir dikirim setiap hari sehingga yang disajikan di restoran adalah ikan segar. 

Kalaupun restoran menyimpan stok, maka sistem penyimpanannya sudah jauh lebih modern.

Yang segar lebih baik

Ini Mitos. Penggemar sushi atau penikmatnya pasti ingin mendapatkan kualitas ikan yang segar, tapi jangan membayangkan ikan segar yang disajikan benar-benar baru ditangkap dari alam. 

Proses penyimpanan ikan di freezer membuat ikan tetap segar. Ahli sushi tahu bagaimana kualitas ikan yang bagus atau tidak, jadi jangan khawatir akan disajikan ikan berkualitas buruk.

Wasabi membunuh bakteri dalam ikan mentah

Ini Fakta. Sebuah penelitian ilmiah membuktikan bahwa wasabi asli Jepang secara efektif bisa membunuh bakteri H. Pylori yang menyebabkan masalah pencernaan. 

Hal ini jelas sangat membantu kala menyantap sushi dengan ikan mentah. Tapi sayangnya wasabi asli sangat sulit didapatkan, bahkan di negara penghasilnya.(*)



Share on Social Media