News

Hujan Deras dan Banjir di Sukabumi Rendam Puluhan Rumah Warga dan TPI

| Sabtu 14 Jan 2017 22:51 WIB | 2694



Banjir Bandang yang melanda kawasan Pelabuhan Ratu Sukabumi


Hujan Deras dan Banjir di Sukabumi Rendam Puluhan Rumah Warga dan TPI

MATAKEPRI.COM, Sukabumi - Hujan deras yang disertai banjir melanda Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Banjir merendam tempat pelelangan ikan (TPI) dan sebanyak 20 rumah warga.

Koordinator Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Pajri Assidieq, menuturkan, banjir tersebut diakibatkan oleh luapan air sungai Cipalabuhan.

"Air sungai meluap karena hujan deras yang terjadi sejak pukul 04.00 WIB," ujar Okih kepada Tribun melalui pesan singkatnya, Sabtu (14/1/2017).

Okih mengatakan, tidak ada korban jiwa atas peristiwa banjir tersebut.

Hanya saja, banjir sempat merendam tempat pelelangan ikan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Pelabuhan Ratu yang berada di Komplek pasar semi modern Pelabuhan Ratu, Kantor Kelurahan Pelabuhan Ratu, dan 20 rumah warga di Kampung Babakan Gumelar RT 02/023 Desa/Kelurahan/Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

"Untuk rumah warga dan kantor kelurahan tidak mengalami kerusakan. Kerusakan hanya sedikit di TPI, kerusakan lantai papingblok," katanya.

Menurut Okih, banjir tidak lama terjadi. Sekitar pukul 11.00 WIB, banjir yang melanda kawasan itu pun surut. 

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulisnya mengatakan kawasan pelabuhan dan tempat pelelangan ikan Pelabuhan Ratu juga terendam banjir.

Sutopo menyebutkan, pendataan dampak banjir masih terus dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

BPBD berkordinasi dengan pihak Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) dan masyarakat.

"Data sementara tidak ada korban jiwa dan lebih dari 20 rumah terdampak akibat banjir," ujar Sutopo.

Sementara itu, puting beliung menerjang Desa Lampeji dan Desa Karang Kedawung, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Jumat (13/1/2017) pukul 14.30 WIB.

Akibatnya, 186 rumah rusak dan empat orang luka ringan tertimpa pohon dan bangunan yang roboh.

Di Desa Lampeji, puting beliung terjadi di dua dusun yaitu Dusun Peji Mangar dan Dusun Curah Laos. Di Dusun Peji Mangar terdapat 139 rumah rusak, meliputi 126 rumah rusak ringan, 12 rumah rusak sedang dan satu rumah rusak ringan.

Sedangkan, Dusun Curah Laos terdapat 35 rumah rusak ringan dan di Dusun Peji Talang, Desa Karang Kedawung terdapat sepuluh rumah rusak ringan, satu rusak sedang dan satu rusak berat.

"BPBD Jember bersama dengan TNI, Polri dan warga melakukan pembersihan puing-puing dan dampak puting beliung. Bantuan telah disalurkan kepada korban," ucap Sutopo.(dtk/kcm)




Share on Social Media