News

Baru Saja Take Off, WingsAir Return to Base di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu

| Sabtu 14 Jan 2017 11:15 WIB | 1435



Pesawat Lion Air Jenis ATR


MATAKEPRI.COM, Palu - Sabtu (14/1/2017), pesawat Wings Air nomor penerbangan IW 1156 gagal terbang di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu, Sulawesi Tengah. Sebelumnya pesawat tersebut akan terbang menuju Luwuk, Sulteng.

Menanggapi hal tersebut, Kementerian Perhubungan membenarkan bahwa pesawat Wings Air nomor penerbangan IW 1156 gagal terbang di Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu, Sulawesi Tengah. 

"Ada engine problem," kata Kepala Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/1/2017).

Ervan mengatakan pesawat type ATR 72-500 itu awalnya take off pukul 06.10 WITA. Karena ada gangguan di bagian mesin, pesawat mendarat lagi pukul 06.20 WITA.

"Pilot memutuskan untuk kembali," ujarnya.

Sementara itu, Ervan mengaku belum mengetahui terkait informasi yang menyebut sempat terjadi ledakan. 

"Kalau ada ledakan atau apapun itu nanti akan dilakukan pemeriksaan, apakah oleh inspektur penerbangan, kalau memang ini termasuk insiden serius akan ada KNKT turun," ujarnya. 

Ervan menjelaskan pesawat landing dengan selamat dan semua penumpang juga selamat. Para penumpang juga telah ditangani pihak maskapai.

"Ada penumpang yang menyatakan membatalkan, ada yang refund, reschedule, dan ada yang endorce menggunakan Batik dan Lion," ujarnya. 

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait dalam rilisnyan mengatakan Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1156 tujuan Palu-Luwuk menggunakan pesawat ATR 72-500 dengan registrasi pesawat PK-WFK Return To Base (RTB) sesaat setelah take off menuju Luwuk. 

Menurut Edward, pesawat yang dikomandoi Captain Djoko Sriyono take take off dari Bandara Mutiara SIS Aljufrie Palu menuju Luwuk pukul 06.10 WIB. 

Pada saat take off, pilot in command mendapatkan adanya indikator yang menyala dan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan. 

Karena itu, pilot memutuskan kembali ke Palu atau RTB untuk dilakukan pengecekan dan pesawat mendarat dengan baik di Palu.

"Saat ini pesawat tidak diterbangkan untuk dilakukan pengecekan terlebih dahulu", kata Edward. Menurutnya, seluruh penumpang pesawat dalam keadaan selamat saat mendarat.

"IW 1156 membawa 64 penumpang dan semua penumpang dalam keadaan selamat. Sebagian penumpang telah melakukan refund, reschedule dan ada juga yang kami terbangkan dengan Batik Air dan Lion Air," ujar Edward.

Salah seorang anggota Aviation Security Bandara Mutiara SIS Aljufrie, Amiruddin Madjid, mengatakan pesawat Wings Air ini mengalami gangguan mesin di sebelah kanan.(*)




Share on Social Media