Batam

"Siap..siap Nampung Air" Senin Malam, Aliran ATB Alami Gangguan, Penyebabnya Precommissioning 3

| Sabtu 07 Jan 2017 07:18 WIB | 2670

SPAM/PDAM



MATAKEPRI.COM, Batam - Untuk meningkatkan suplai air ke pelanggan agar lebih andal, PT Adhya Tirta Batam (ATB) lakukan pekerjaan Pre-Commissioning (precom) III. 


Precom dilakukan pada Senin (9/1/2017) mulai pukul 21.00 hingga selesai, precom lanjutan ini untuk meningkatkan hasil kualitas suplai khususnya di wilayah terujung dari sumber air IPA Duriangkang.

"Dengan adanya kegiatan precom ini, kita ingin melihat  sejauh mana kefektifan perubahan rezim suplai yang dilakukan. Apabila tidak ada kendala dan precomnya berjalan lancar bisa  langsung dijalankan commissioning saat itu juga. Hal ini juga bertujuan meningkatkan efisiensi suplai dengan memanfaatkan reservoir/tanki yang ada terutama di wilayah terjauh dari suplai air Duriangkang seperti tanki Ozon, tanki Bukit Senyum dan tanki  Sukajadi.  Dengan menggunakan konsep gravitasi sehingga apabila terjadi gangguan dalam sekian jam masa pemulihannya bisa cepat teratasi karena masih punya cadangan air di dalam tanki," jelas Wahyu Widiyanto Manager Distribusi ATB Kamis (5/1/2017).
 
Dilakukannya pekerjaan precomm nantinya memberikan efek berhentinya operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang beberapa saat baik fase 1,2 maupun phase 3 dan 4. 

Disebabkan adanya pekerjaan pengoperasian jalur baru berupa pekerjaan valve di pipa transmisi dan distribusi utama di empat titik yakni Simpang jam, Simpang kuda, Sukajadi dan Duriangkang.

Selama ini Duriangkang phase 1 dan 2 mensuplai sebagian Batuaji, Bukit senyum dan Batuampar, dengan dilakukannya commissioning maka terdapat perubahan rezim baru dari Duriangkang phase 1 dan 2 akan langsung mengisi tanki ozon untuk mensuplai air wilayah Sei panas, Bengkong dan sekitarnya, Bukit Senyum,  Batu Ampar dan sekitarnya. 

"Sementara dari phase 3 dan 4 IPA Duriangkang  akan mensuplai tanki Sukajadi dan sebagian Batu Aji," ujar Wahyu.

Dalam precom ini semua jalur yang di layani IPA Duriangkang akan mengalami gangguan suplai. Wilayah  yang  akan mengalami gangguan suplai sementara mulai dari area Piayu, sebagian Batuaji,Sagulung, Tanjung Uncang, Marina, Seraya, Kampung Utama,Sei Panas, Bengkong, Batuampar, Sengkuang, Jodoh, Nagoya, dan  Batam Center.
 
Selama berlangsung pekerjaan precomm ATB juga mengimbau pelanggan untuk bisa mempersiapkan tampungan air seperlunya. 

Sebab pasca-pekerjaan yang dilakukan tersebut untuk pemulihan tergantung dari masing-masing wilayah. 

Wilayah terdekat dengan IPA Duriangkang akan lebih cepat normal dan begitu sebaliknya dengan wilayah paling ujung akan membutuhkan waktu lebih lama.

Bagi pelanggan yang ingin mendapatkan informasi tentang pekerjaan precomm dan informasi tentang suplai air bisa menghubungi call centre ATB di no 0778 467111, atau bisa berinteraksi di sosial media ATB baik melalui facebook, twitter ataupun instagram.(*)



Share on Social Media