Kesehatan

Tips Membersihkan Botol Susu Agar Bayi Sehat

| Senin 02 Jan 2017 23:45 WIB | 1556




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Kebersihan botol susu memengaruhi kesehatan bayi. Pasalnya, pada usia ini daya tahun tubuh bayi masih rentan. Oleh karena itu, harus terjamin kebersihannya. Namun sayang, tak semua orang tua membersihkan botol susu dengan tepat.

Padahal, sembarangan membersihkan botol susu bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya memicu diare. Berikut tips membersihkan botol susu seperti dilansir dari Baby Center.

1. Mencuci tangan dan lepaskan semua bagian botol
Pastikan Anda mencuci tangan sebelum membersihkan botol susu. Cara ini dipercaya bisa mencegah terjadinya tertularnya bakteri dari tangan atau botol. Selanjutnya, lepaskan semua bagian botol. Ini akan mempermudah Anda untuk membersihkan kotoran secara maksimal.

2. Menggunakan sabun dan sikat khusus
Tidak hanya menggunakan air, sabun khusus membersihkan peralatan makan bayi akan menghindari botol susu dari bakteri. Umumnya, sabun ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk bayi. Jangan lupa sikat setiap bagian botol dengan menggunakan sikat kecil berbulu halus. Sikat ini bisa mejangkau seluruh bagian botol.

3. Gosok dengan gerakan yang tepat
Bagian dasar botol susu merupakan bagian yang sulit untuk dibersihkan. Namun, Anda bisa menjangkaunya dengan menggunakan sikat khusus dengan gerakan memutar. Untuk bagian sisi botol, gerakan sikat secara naik turun dan lanjutkan dengan membersihkan bagian bibir botol.

4. Menggunakan spons khusus
Jangan gunakan spons mencuci piring untuk membersihkan botol susu buah hati Anda. Agar terhindar dari kontaminasi bakteri, sebaiknya gunakan spons khusus untuk membersihkan peralatan bayi.

5. Bilas, steril dan keringkan
Setelah dibersihkan, bilas botol susu dengan air mengalir hingga bersih. Hindari membilas botol dengan merendam dalam wadah. Sebab ini akan membuat kotoran akan kembali menempel pada botol. Selanjutnya, botol susu harus disterilkan dengan alat steril atau direbus dan keringkan.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait