News, Kesehatan

Bungkus Seluruh Tubuh dengan Kain Jadi Tren Kesehatan yang Unik di Jepang

| Jumat 30 Dec 2016 17:41 WIB | 2991




MATAKEPI.COM, JEPANG - Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik, berbagai cara bisa dilakukan seseorang mulai dari menjaga makanan, berolahraga, hingga melakukan berbagai macam terapi. 

Terkait hal tersebut ada satu tren terapi unik di Jepang di mana orang-orang membungkus dirinya dengan kain dalam posisi seperti meringkuk.

Disebut otonamaki, terapi yang secara harfiah artinya 'membungkus orang dewasa' ini disebut-sebut bisa meringankan masalah postur tubuh dan kekakuan otot. 

Otonamaki muncul mengambil dasar dari kebiasaan bayi baru lahir yang dibungkus kain serupa dengan tujuan untuk membantu pertumbuhan.


"Alasan mengapa otonamaki berkembang pada awalnya karena kekhawatiran beberapa orang pada bayi. Mereka khawatir bayi akan kesulitan bila dibungkus kain atau merasa klaustrofobia," kata Orie Matsuo dari salah satu perusahaan penyedia jasa otonamaki.

"Kami berpikir seandainya orang dewasa bisa dibungkus juga seperti bayi, mereka mungkin akan berpikir bahwa ini adalah sesuatu yang nyaman," lanjut Orie seperti dikutip dari BBC, Sabtu (31/12/2016).

Menurut Orie dengan membungkus diri selama 20 menit dengan kain, postur tubuh seseorang dapat 'dipaksa' untuk menjadi lebih baik.

Selain itu perasaan nyaman yang ditimbulkan disebut juga dapat menurunkan tingkat stres.

Mengomentari tren otonamaki ahli fisioterapi Visvanathan Ravi dari Hallmark Physiotherapy, Singapura, mengatakan tak sependapat dengan manfaat yang diklaim. 

Menurutnya justru bila dibiasakan posisi meringkuk seperti itu dapat mendatangkan masalah tulang belakang.

"Saya sangat tidak sependapat dengan metode terapi ini... Bila seseorang berada dalam posisi itu selama 30 menit, saya yakin pasti akan ada masalah tulang belakang. Saya tidak menganjurkannya," ungkap Visvanathan.(*)



Share on Social Media