, Tanjung Pinang

Sebanyak 1.103 Warga Tanjungpinang Ngidap HIV/AIDS, Mau Terjangkit

| Selasa 27 Dec 2016 00:00 WIB | 2594



Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam


MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 1.103 warga di Tanjungpinang mengidap Human Immunodeficiency Virus, Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV/AIDS). Data penderita ini dikumpulkan dalam rentan waktu 7 tahun.

Melalui rilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang selama periode 2009 sampai 2016 telah ditemukan 750 pengidap. ” Klasifikasi penderita HIV/AIDS terbanyak adalah laki-laki dibandingkan perempuan,” ujar Kepala Dinkes Kota Tanjungpinang, Rustam.

Dikatakannya, tingginya kasus HIV diantara para ibu rumah tangga dan anak balita merupakan keprihatinan bagi kita semua. Karena pada hakekatnya, tambahnya, HIV pada ibu rumah tangga bisa dicegah dengan perilaku seks aman dari pasangan para ibu rumah tangga tersebut.

Saat ini dibeberkan Rustam, Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi dan pembinaan agar penderita HIV/Aids tetap bisa hidup layak dan tidak semakin menyebar.

” Untuk screening bisa dilakukan dipuskesmas-puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kota Tanjungpinang. Karena semakin banyak ibu hamil yang melakukan pemeriksaan, akan semakin cepat diketahui statusnya dan bisa cepat pencegahan yang dapat dilakukan,” harapnya.

Untuk itu, pada har AIDS Sedunia Tahun 2016 ini, yang terjadi pada 1 Desember yang lalu pihak Dinkes Tanjungpinang mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat mempraktekkan kehidupan seks yang aman.

“Saya menghimbau para ibu hamil untuk semuanya memeriksakan kehamilannya sesuai standar dan melakukan tes HIV, juga sifilis dan Hepatitis agar bayinya terlindung dari penularan penyakit. Mari kita semua berubah demi masa depan gemilang tanpa penularan HIV,” katanya. (redaksi)



Share on Social Media