, Batam

AWAS... Abaikan Panggilan Telepon Kode +77

| Senin 26 Dec 2016 23:08 WIB | 2344



Ilustrasi


MATAKEPRI.COM, Batam - Beberapa pengguna ponsel mendapatkan nomor panggilan dengan kode negara yang asing alias bukan dari Indonesia. Kode negara Indonesia sendiri berawalan +62 diikuti nomor seluler dari masing-masing operator.

Nah, menurut laporan, beberapa pengguna mendapatkan panggilan tak dikenal dengan kode nomor +77 atau +37. Biasanya, nomor ini akan menelepon sekali lalu ditutup. Pelanggan yang menelepon kembali, konon katanya dikenakan biaya US$ 15-30.

Masalah ini sempat memunculkan pesan berantai di WhatsApp yang meminta pelanggan untuk berhati-hati bila menerima telepon aneh tersebut.

Saat dikonfirmasi ke Telkomsel, operator ini tak menampik bila ada beberapa pelanggan yang komplain soal menerima panggilan dari kode nomor tersebut. Pihaknya mengakui bahwa nomor tersebut adalah panggilan spam.

“Sehubungan dengan adanya laporan pelangggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan spam yang berasal dari luar negeri,” tutur Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel, melalui pesan singkatnya.

Dia menambahkan, Telkomsel telah melakukan blocking atas panggilan international dari nomor tersebut dan sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi Good Corporate Governance, Telkomsel akan selalu menjaga kenyaman bagi pelanggan.

Sementara itu, operator lain XL Axiata tak mendapatkan laporan dari pelanggan soal adanya komplain karena menerima kode nomor +77 atau kode asing lainnya.

Seperti diungkapkan General Manager Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih, "tidak ada komplain yang masuk dan sudah dicek tidak ada nomor XL yang terima telepon dari nomor itu, sih."

Namun demikian, Ayu meminta pelanggan XL Axiata untuk tetap berwasapada dan tidak asal mengangkat nomor yang asing. Selain itu, pihaknya juga tetap memantau.



Share on Social Media