Pariwisata

Keju Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan Anda

| Jumat 16 Dec 2016 23:48 WIB | 2282




  MATAKEPRI.COM, Jakarta - Keju merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan toping atau tambahan pada roti, kue ataupun pizza dan pasta. Keju sendiri termasuk salah satu produk susu yang cenderung memiliki rasa asin.

Meskipun beberapa produk susu mengandung kalori yang cukup tinggi, tetapi keju memiliki manfaat kesehatan terutama untuk menyeimbangkan diet Anda.

Berikut ini adalah sembilan manfaat keju bagi kesehatan menurut pakar nutrisi Karen Ansel.

1. Keju membuat Anda tetap langsing
Keju dapat membantu Anda tetap langsing berkat zat dalam keju yang disebut butirat. Keju parmesan, Gouda, cheddar, Gruyere dan biru memiliki jumlah tinggi zat butirat. Penelitian menunjukkan bahwa butirat dapat membantu meningkatkan metabolisme. Keju juga mendorong bakteri dalam usus untuk lebih banyak membuat butirat.

2. Mencegah kanker
Sebuah studi menemukan bahwa butirat dalam keju dapat melindungi kanker usus besar dengan cara memelihara sel-sel usus Anda dan mengurangi peradangan yang dapat merusak usus besar.

3. Protein yang baik untuk membangun otot
Protein terbuat dari asam amino yang membentuk jaringan otot. Untuk mendapatkan protein terbaik, cobalah konsumsi keju ricotta. Ini adalah salah satu sumber tunggal teraik dari protein whey yang sangat bagus untuk membangun otot.

4. Keju baik untuk tulang
Keju terbuat dari susu yang kaya akan kalsium sehingga dapat membuat tulang Anda kuat. Makan satu ons keju Parmesan akan memberikan Anda 336 mg kalsium, sedangkan keju cheddar mengandung 216 mg kalsium. Ini adalah jumlah yang baik bagi tubuh. Kebanyakan pria dewasa membutuhkan 1.000 mg kalsium setiap hari untuk membangun ototnya.

5. Keju baik untuk gigi
Makan keju dapat menjaga gigi tetap sehat karena kandungan fosfor dan kalsium dalam keju. Kedua mineral ini melawan asam laktat alami yang ada dalam mulut dan mencegah kerusakan enamell gigi. Anda membutuhkan enamel untuk mengunyah makanan tanpa merusak gigi, serta mencegah gigi berlubang dan pengikisan.

6. Keju bisa mencegah diaberes
Meskipun penelitian tentang ini masih terlalu awal, sebuah studi dalam jurnal Diabetes menemukan bahwa tikus percobaan yang makan dicampur butirat memiliki tingkat insulin 50 persen lebih rendah dibanding tikus biasa. Para ahli menduga butirat dapat membantu tubuh manusia menggunakan insulin lebih efektif sehingga dapat mengatur kadar gula darah.

7. Keju pelengkap makanan yang sehat
Banyak keju yang mengandung lemak dan kalori yang ringan dan cocok untuk melengkapi makanan Anda. Jika Anda sedang mencoba mengurangi lemak dan kalori, cobalah keju feta dan mozarella.

8. Keju aman dikonsumsi intoleran laktosa
Jika laktosa membuat masalah pada perut Anda, Anda masih bisa mengonsumsi jenis keju tertentu. Ketika keju aami termasuk parmesan, cheddar, Gouda, Swiss, mozarella dan Brie dibuat, prosesnya menghapus hampir seluruh laktosa. Cobalah sedikit dari jenis keju ini. Satu ons keju mengandung kurang dari satu gram laktosa.

9. Makanan terbaik untuk camilan
Semua orang butuh makanan yang nyaman di perut dan lidah. Keju adalah salah satunya. Keju mengandung manfaat nurisi yang besar dibandingkan kue kering atau keripik. Tapi, tetap batasi asupan keju karena kalorinya cukup tinggi.

 


Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait