Olahraga

Indonesia Vs Vietnam, Adu Taktik Riedl dan Muridnya

| Jumat 02 Dec 2016 22:19 WIB | 1600




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Indonesia akan menjamu Vietnam dalam babak semifinal Piala AFF 2016 putaran pertama di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu malam ini. Sebagai tuan rumah, tentu tim nasional Indonesia tak mau membuang peluang menang.

Pelatih tim Indonesia Alfred Riedl yakin anak asuhannya mampu menumbangkan Vietnam. Pelatih 67 tahun asal Austria itu bahkan memprediksi laga Indonesia melawan Vietnam bakal berlangsung seru dan ketat.

Riedl mengatakan kedua tim beruntung tak punya kendala dalam mempersiapkan laga semifinal. Sebab, Indonesia dan Vietnam sudah melakoni dua kali laga uji coba sebelum Piala AFF 2016 dimulai.

"Tak akan banyak perubahan dalam kedua tim. Kami akan berusaha menang di kandang," tutur Riedl, dalam jumpa pers di Bogor, kemarin.

Dalam uji coba pertama di Sleman, 9 Oktober lalu, Indonesia dan Vietnam bermain imbang 2-2. Adapun saat bermain di Hanoi, 8 November lalu, Indonesia kalah oleh Vietnam 2-3.

Riedl yakin mampu membalas kekalahan atas tim berjulukan Bintang Emas itu nanti malam. Skuad Tim Garuda, tutur dia, punya semangat dan kepercayaan diri tinggi setelah sukses melewati fase Grup A yang berat. "Kami bermain baik dalam setiap laga dan memenangi pertandingan terakhir," kata dia.

Namun Riedl masih enggan menuturkan secara detail pola permainan yang akan ia pakai. Ia hanya mengatakan bahwa timnas akan bermain menyerang dengan tempo tinggi.

Pertandingan Indonesia melawan Vietnam seperti menunjukkan adu otak antara guru dan murid. Nguyen Huu Thang, sang pelatih, adalah mantan pemain tim nasional Bintang Emas.

Riedl pernah menjadi pelatih Huu Thang ketika pelatih asal Austria itu menangani Vietnam pada 1998-2001. Kala itu, Huu Thang dan Riedl tampil di Piala AFF 2000, tapi hanya sampai babak semifinal. Vietnam gagal melaju ke final setelah dikalahkan Indonesia 2-3.

Rupanya Huu Thang masih menghormati betul Riedl sebagai guru di tim nasional dan di dunia kepelatihan. Pelatih 44 tahun itu bahkan mengaku senang bisa berjumpa lagi dengan Riedl di semifinal.

"Memang hidup itu menarik. Kami sudah bertemu dua kali dalam laga uji coba. Sekarang kami berjumpa lagi di semifinal," kata Huu Thang, kemarin. "Saya menghormati Riedl dan berdoa yang terbaik untuknya."



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait