Kesehatan

Nasi Tak Selalu Picu Penyakit

| Senin 28 Nov 2016 20:13 WIB | 1670




MATAKEPRI.COM, Jakarta - Beberapa orang mulai menjauhi konsumsi nasi putih dengan alasan makanan tersebut memicu penyakit seperti diabetes dan obesitas. Tak salah juga pendapat tersebut, namun di sisi lain sumber karbohidrat mayoritas orang Asia tersebut juga menyimpan manfaat lho.

Jika dikonsumsi dengan jumlah yang tidak berlebihan, nasi putih akan memberi kebaikan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaatnya, seperti dilansir laman Boldsky:

Energi

Sejak dulu nasi putih diketahui menjadi sumber energi yang cocok bagi lidah dan perut masyarakat Asia. Kandungan karbohidratnya memang mudah sekali diubah menjadi energi, sehingga disukai oleh orang kita.

Cegah kanker

Ini adalah salah satu manfaat nasi yang belum dikupas kulit arinya, atau dikenal dengan nasi coklat atau nasi merah. Orang Jawa menyebutnya bekatul, yakni serat pada beras yang mampu mencegah kanker karena kaya kandungan flavonoid. Ia bisa menangkal bahaya radikal bebas yang ada dalam tubuh.

Kulit cantik

Untuk perawatan kecantikan, nasi juga bisa digunakan lho. Air rebusan beras sebelum menjadi nasi (tajin) bisa diambil dan dipakai sebagai masker. Manfaatnya baik untuk mengencangkan, mencerahkan dan menghaluskan kulit. Dalam bentuk mentah, beras yang dihaluskan pun dipakai sebagai masker perawat kecantikan.

Alzheimer

Konsumsi nasi, dalam bentuk nasi putih, nasi merah, atau nasi coklat (brown rice), dapat membantu mengaktifkan sel yang berfungsi untuk neurotransmitter di otak. Itu mencegah munculnya penyakit Alzheimer.

No fat

Nasi tidak mengandung lemak jahat. Itu artinya ia aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol, tanpa takut kadar lemak jahat itu naik. Artinya, ia juga tak memicu sakit jantung, bila dikonsumsi secara bijak.

Tekanan darah

Makan nasi tak akan membuat tekanan darah naik, bahkan ia membantu menyeimbangkan tekanan darah. Kandungan sodiumnya rendah, jadi tak perlu khawatir.

Jadi tak perlu menjauhi nasi sama sekali sebab makanan tersebut juga bisa bermanfaat bagi kesehatan.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait