Pariwisata

Kuil Kaum Penyembah Api di Azerbaijan

| Kamis 17 Nov 2016 18:23 WIB | 2615




MATAKEPRI.COM, Baku - Pernah mendengar nama kaum penyembah api? Merekalah yang hidup di zaman Persia pada abad ke-6 sebelum Masehi. Kaum ini adalah kaum penyembah api yang menganggapnya sebagai tuhan.

Nah, hingga saat ini kuil kaum Zoroaster masih berdiri kokoh di ibu kota Azerbaijan, Baku. Kuil tersebut berbentuk menara yang diberi nama Menara Meidan. Letaknya tepat berada di pinggir Pantai Kaspia.

Menara ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara untukĀ  mengunjungi salah satu peninggalan peradaban dunia tertua tersebut.

Terletak di bibir pantai Kaspia di ibukota Azerbaijan, Baku, menara ini terbuat dari batu pantai Kaspia, menara berbentuk silinder, setinggi 31 meter, sembilan lantai dengan ketebalan dindingnya lima meter.

Memang masih diperdebatkan apakah Menara Meidan itu adalah kuil penyembahan api kaum Zoroaster. Sebab ada yang mengatakan menara Meiden dahulunya adalah menara pengintai kerajaan untuk mengetahui kedatangan musuh.

Namun adapula yang berpendapat menara itu adalah tempat melompatnya seorang putri raja yang melompat dari atas menara ke laut Kaspia untuk menemui kekasihnya, seorang nelayan yang sangat dicintainya.

Terlepas dari kontroversi tersebut, Azerbaijan di masa modern sekarang ini mempopulerkan negara mereka dengan julukan "The Land of Fire". Memang ada api abadi di Baku yang tak pernah padam hingga saat ini.

Bahkan telah dibangun sebuah menara modern bernama Tower Flame dengan arsitektur api yang menjilat-jilat. Tower of flame kini menjadi salah satu landmark Azerbaijan yang wajib dikunjungi jika Anda traveling ke Azerbaijan.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait