Pariwisata

Kirab Budaya Festival Keraton Djipang Berlangsung Meriah

| Rabu 16 Nov 2016 20:14 WIB | 2074




MATAKEPRI.COM, Blora  – Kirab budaya dan batik carnival yang diadakan dalam rangka Gelar Budaya Keraton Djipang di Kecamatan Cepu, Blora, berlangsung meriah, Rabu (16/11).

Ribuan warga memadati rute kirab yang mengambil start dari Taman 1000 lampu dan finish di pendopo Kecamatan Cepu. Selain ingin menyaksikan kreasi busana batik yang ditampilkan peserta, sebagian warga ingin melihat para bangsawan sultan Nusantara yang hadir di event yang baru kali pertama digelar tersebut.

‘’Penasaran saja. Kirab budaya Keraton Djipang itu seperti apa. Ternyata cukup meriah,’’ tandas Iva, salah seorang warga Padangan, Kabupaten Bojonegoro, yang menyaksikan kirab.

Kirab budaya pada siang hari dimeriahkan pula penampilan drumband. Juga ada gunungan hasil pertanian. Saat gunungan yang dipikul tersebut sampai di finish, warga pun saling berebut isi gunungan tersebut.

Sekretaris Panitia Pelaksana Gelar Budaya Keraton Djipang, Achmad Husain, menyebut gelar budaya ini direncanakan akan digelar rutin setiap tahun. ‘’Sehingga bisa dijadikan kalender wisata di Cepu,’’ tandasnya.

Pagi hari sebelum diadakan kirab, terlebih dahulu diselenggarakan ziarah lelulur di Makam Gedong Ageng di Desa Jipang, Kecamatan Cepu. Masyarakat pun menyambut antusias kegiatan tersebut.

Turut dalam ziarah tersebut, KGPR Adipati Arya Djipang II Barik Barliyan, kepala Desa Djipang, Dato serta Datin Malaysia serta para sultan Nusantara beserta lembaga adat. Kedatangan mereka diiringi dengan kesenian barongan serta disambut dengan tari serimpi yang biasa disuguhkan untuk menyambut tamu kehormatan.

Usai menikmati tari serimpi, rombongan langsung menuju makam Gedong Ageng untuk berziarah. Suasana pun berubah hikmat. Sayup-sayup lantunan do’a dipimpin oleh sesepuh Desa Djipang tepat di depan makam terdengar di ziarah tersebut.

Gelar Budaya Keraton Djipang berlangsung dua hari, 15-16 November. Hari pertama diisi dengan upacara adat Djipang serta sejumlah kesenian khas daerah. Adapun puncak acara Gelar Budaya Keraton Djipang berlangsung kemarin dengan acara ziarah leluhur di makam Gedong Ageng serta kirab budaya dan batik carnival.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait