Pariwisata

Bukit Sembalun, Destinasi Bulan Madu

| Senin 14 Nov 2016 00:04 WIB | 2826




MATAKEPRI.COM, Lombok – Perjuangan pariwisata di kancah internasional kembali diuji. Setelah terpilih sebagai nomine tahap pertama, dua destinasi wisata Pulau Lombok dan website www.wonderfullomboksumbawa.com akhirnya masuk sebagai finalis lima besar pada kompetisi wisata halal dunia World Halal Tourism Award (WHTA) 2016. Menpar Arief Yahya memang menargetkan agar Lombok harus dapat award lagi, untuk memperkuat positioning sebagai halal destination.

Kedua destinasi tersebut adalah Hotel Novotel Resort masuk sebagai nomine resort halal ramah wisatawan dan satu lagi Bukit Sembalun, Lombok Timur sebagai destinasi bulan madu ramah wisatawan.

“Panitia WHTA 2016 mengumumkan Sembalun masuk lima besar. Ini patut kita syukuri, oleh karena itu, kami minta dukungannya terus untuk WHTA ini, palingan hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk vote kok,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB Lalu Faozal.

Faozal mengaku perjuangan untuk membawa Lombok sebagai 5 besar dinilai sangat sulit karena harus bersaing dengan berbagai negara di belahan Dunia. Berbeda dengan ajang World Halal Travel Summit (WHTS) 2015 lalu.

“Dulu waktu WHTS 2015 masih jarang ada yang tahu. Tapi sekarang semua daerah dan semua Negara berlomba-lomba untuk memberikan vote terbanyak agar destinasinya bisa menang, maka dari itu, dukungan masyarakat Indonesia sangatlah penting untuk memenangkan pertarungan ini,” kata dia.

Lantas apa keunggulan Bukit Sembalun, Lombok Timur? Faozal mengatakan, selain wisata pantai, ternyata Lombok memiliki pemandangan alam berlatarkan pegunungan. Desa Sembalun merupakan destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Lombok.Sembalun merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Kecamatan ini memiliki enam desa, yakni Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Ibukota Kecamatan Sembalun berada di Desa Sembalun Lawang. Berjarak sekitar 45 km dari Ibukota Kabupaten Lombok, Kecamatan Sembalun memiliki ketinggian yang bervariasi antara 800 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut.

”Desa Sembalun memiliki pesona alam yang dikelilingi panorama dan udara pegunungan yang segar. Banyak yang mengatakan kalau Lembah Sembalun merupakan surga kecil yang bisa ditemui di lereng Gunung Rinjani,” ujar Faozal berpromosi.

Penasaran sama Desa Sembalun? Segera berkunjung ke Lombok dan rencanakan liburan akhir tahun ke tempat yang sejuk dan indah itu. ”Di lereng curam Gunung Rinjani, itu akan sangat dingin di malam hari, tapi begitu matahari keluar, panorama indah terungkap. Tanaman Padi, bawang putih, tomat, cabai, bidang kubis terlihat dengan jelas di lembah dengan latar belakang gunung berapi yang masih aktif. Indah banget dan asik untuk berbulan madu,” ujarnya.

Selain itu, nantinya juga ada sebuah rumah kaca besar di tengah-tengah tanah tradisional digunakan oleh Sembalun untuk peternakan sapi yang sangat indah untuk dinikmati. ”Sembalun Lawang diatur dalam sebuah kaldera kuno dan subur di sebelah timur Gunung Rinjani, rute aksesnya menarik untuk mencapai puncak. Tanah yang kaya menghasilkan tanaman berkualitas tinggi, termasuk bawang putih yang terkenal dan berasnya yang enak yang diproduksi petani lokal. Lembahnya juga indah, jadi tidak rugi untuk datang dan tentunya tidak rugi juga untuk vote Sembalun jadi pemenang,” katanya



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait