News, Kesehatan

Ini Alasan Bibir dan Kulit Leher Perlu Dirawat

| Rabu 02 Nov 2016 03:36 WIB | 1375




MATAKEPRI.COM - Seberapa sering Anda merawat kulit leher dan bibir?

Sudah sering Anda mendengar tentang pentingnya perawatan kulit wajah atas alasan kesehatan dan kecantikan yang paripurna.

Tapi perlu diketahui, perawatan wajah sejatinya tidak terbatas pada bagian kulitnya saja. Bibir pun juga tidak boleh luput dari ritual tersebut. Begitu pula area kulit leher.

Dijelaskan dokter spesialis kulit dan kelamin Tina Wardhani Wisesa, sebagai organ terluar, bibir dan kulit leher menjadi organ pertama yang terpapar polusi, sinar ultraviolet, dan bahan-bahan kimiawi lainnya yang berbahaya.

"Jadi itu kenapa penting merawat bagian tubuh tersebut. Maka sebaiknya perawatan wajah haruslah lengkap dan menyeluruh, termasuk bibir dan kulit leher," ujar Tina saat The Nivea Experience, di Pullman Hotel Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (2/11/2016).

Terlebih bibir, lanjut Tina, karena pertahanannya tidak sebaik kulit sehingga rentan terhadap berbagai masalah. "Kalau tidak dirawat dengan baik, bibir akan kering, tidak kenyal, dan terjadi kondisi yang dikenal sebagai bibir pecah-pecah," terang alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Kelembapan bibir lantas menjadi kunci penangkal masalah tersebut. Untuk menjaga kelembapan bibir, Tina menyarankan pemakaianlip balm atau pelembap bibir dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) secara rutin.

"Tidak hanya kulit, bibir juga butuh pelembap ber-SPF atau yang mengandung vitamin. Untuk bibir, tingkatan SPF antara 10-15, tergantung aktivitas," papar Tina. Waktu pemakaian yang dianjurkan setidaknya tiga kali sehari.

Untuk kulit leher, cara perawatannya seperti wajah. Cukup cuci wajah dan bagian leher lalu aplikasikan pelembap. "Tidak hanya depan tapi juga sampai belakang leher, supaya warnanya rata," tambah Tina.



Share on Social Media

Berita Terkait

Tidak ada berita terkait