Batam, Kesehatan

Pemko Batam Hadirkan Si Kamarrs Informasi Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit

Juliadi | Rabu 08 Dec 2021 14:12 WIB | 2169

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
Kesehatan



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengembangkan portal informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit Kota Batam. Dapat diakses di link https://si-kamarrs.batam.go.id/ portal ini merupakan kerjasama Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam.


Kepala Dinkes Kota Batam Didi Kusmarjadi menyebutkan, dengan mengklik portal tersebut masyarakat dapat mengetahui informasi umum hingga detil ketersediaan tempat tidur baik untuk penanganan Covid-19 maupun umum.



"Di situ tersedia informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit, ruang ICU dan isolasi untuk perawatan pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan seperti pada saat lebaran kemarin," ucap Didi, Rabu (8/12/2021).


Menurutnya, kehadiran portal ini juga upaya mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus di akhir tahun terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan adanya informasi ini, minimal masyarakat bisa mencari tahu rumah sakit mana saja yang  tempat tidur tersedia, di sekitar tempat tinggalnya.


"Sementara ini memang baru bersifat web based. Android aplikasinya sudah kami koordinasikan dengan Kominfo," katanya.


Informasi pada portal ini disiapkan secara realtime, karena selalu diperbaharui oleh pihak rumah sakit. Tidak hanya itu, juga disiapkan saluran siaga (hotline) yang sewaktu-waktu dapat dihubungi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.


"Diupdate setiap hari sebelum pukul 12.00 WIB. Rumah sakit yang tidak mengupdate akan kita tegur. Bisa dapat surat peringatan dan sanksi administrasi," terang dia.


Selanjutnya, untuk lebih memudahkan masyarakat mendapat informasi Pemko Batam akan terus mengembangkan inovasi tersebut. 


"Kedepannya akan terus kita kembangkan. Biar bisa menghimpun semua info rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes," pungkas Didi. 



Share on Social Media