Nasional

Wisata Alam Unong Limang Tempat Memancing Dan Memanjakan Keluarga

Juliadi | Rabu 18 Aug 2021 16:10 WIB | 1102

Pariwisata


Foto : Istimewah


MATAKEPRI.COM, DELISERDANG -- Wisata alam sungai yang menjadi pembatas antara kabupaten Deliserdang dan kabupaten Serdang Bedagai, ini sebelumnya tidak pernah terekspos oleh dunia luar karena akses jalan masih sangat sulit.


Beda halnya dengan sekarang karena pembangunan jalan yang di lakukan program TMMD reguler 111 kodim 0204 telah membuat lokasi wisata ini menjadi mudah di jangkau.


Nilai potensi wisata alam ini sangat tinggi dan layak untuk di kenal kan kepada orang banyak.


Hal itu terlihat dari kaca mata salah satu warga yang tinggal di kota pematang Siantar, Herman Sipayung. 


Ia melihat tingginya potensi sungai ini saat ia pulang ke kampung halaman nya itu (mudik-red).


Tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 76, ia memperkenal kan wisata ini dengan  mengundang masyarakat untuk memancing sambil berwisata ke tempat ini, dan memberikan edukasi kepada pengunjung untuk menjaga kelestarian alam khusus nya wisata sungai ini. Kegiatan ini juga di buka untuk umum baik itu dari luar daerah.


"Tempat ini sangat potensial dan layak untuk di publikasikan," ungkap nya.


"Selain ragam ikan yang ada di sungai ini kita juga menabur ikan mas di sungai ini untuk menggungah semangat para pemancing,dan dengan cara ini semoga membuat warga yang datang untuk memancing menjadi dasar untuk memperkenal kan daerah ini," tambahnya.


Herman Sipayung berharap, kedepannya agar wisata ini dapat berkembang dan mempunyai manfaat yang besar kepada masyarakat sekitar wisata ini. 


"Harapan saya kedepan nya wisata ini dapat berkembang dan memiliki manfaat kepada masyarakat luas dan khusus nya kepada masyarakat sekitar," tandasnya.


Ia juga berharap, agar wisata ini dapat perhatian dan dukungan dari seluruh masyarakat,dari pemerintah desa guna mendukung menjadi kan wilayah ini wisata desa,dan dapat menjalin hubungan dengan pemerintahan kabupaten untuk memberikan perlindungan kepada pengunjung baik pelaku usaha wisata ini kedepannya.


"Dan berharap kepada pihak kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif agar  dapat memperhatikan dan memberikan dukungan baik secara moril maupun secara materi guna pemberdayaan masyarakat dan pengembangan daerah wisata ini," tutup nya.



Sementara itu, warga setempat Sugiadi (42) mengatakan, sangat bersyukur dengan ada nya kegiatan  tersebut.


"saya sangat bersyukur karena ada yang peduli dengan daerah ini karena ini merupakan salah satu potensi yang ada di daerah kami ini. Saya berharap agar wisata yang akan di perkenal kan ini dapat di ketahui orang banyak dan membuat wisatawan banyak berkunjung ke sini," tuturnya. 


"Dan tentu nya tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat situasi sekarang ini masih dalam situasi pandemi," pungkasnya. (Ril) 



Share on Social Media