Nasional , Pendidikan

Satgas Pamtas Yonif 742/SWY Bantu Anak-anak Belajar di Lopo-Lopo Pos

Juliadi | Senin 09 Aug 2021 21:05 WIB | 1751

Pendidikan
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, NTT -- Pendidikan merupakan hal pokok yang harus diperoleh anak bangsa tidak terkecuali di perbatasan Kabupaten Belu dengan Timor Leste.


Personel Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik-Republik Demokratik Timor Leste (RI - RDTL) Sektor Timur memberikan perhatian khusus selain melaksanakan tugas pokok pengamanan di wilayah perbatasan juga meluangkan waktu untuk mengajar anak-anak di sekitar pos di lopo-lopo.


Adapun personel pos jajaran Satgas Pamtas Batalyon Infanteri (Yonif) 742/Satya Wira Yudha (SWY) yang aktif mengajar di lopo-lopo antara lain Pos Mahein, Pos Asumanu dan Pos Motaain.


Komandan Yonif (Danyonif) 742/SWY Letnan Kolonel (Letkol) Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Sektor Timur di Mako Satgas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat, menyampaikan kondisi pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan manusia tidak hanya di bidang kesehatan, ekonomi bahkan pendidikan juga ikut menerima dampak dari Covid-19.


"Kita ketahui bersama, lanjutnya, anak-anak sekolah menerima pelajaran melalui during dan ada juga yang bertatap muka di sekolah namun semua itu tidak efektif karena ada kekhawatiran terpapar virus corona," kata Bayu, Senin (9/8/2021). 


"Berangkat dari sini, personel pos berinisiatif untuk memberikan pelajaran di lopo-lopo bagi anak-anak yang tinggal didekat pos dengan harapan motivasi belajar mereka tidak turun," terang Bayu.


Selain belajar di lopo-lopo pos, para personel pos yang merupakan Prajurit Wira Yudha Sejati juga membantu mengajar di sekolah terutama Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) seperti matematika, PPKN dan sejarah. 


"Ada materi yang diselipkan seperti wawasan kebangsaan, ilmu bela negara maupun latihan fisik seperti Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Peraturan Penghormatan Militer (PPM) sebagai penambah motivasi dan penyemangat dalam belajar," pungkas pria kelahiran Bandung tersebut. (Ril) 



Share on Social Media