Batam

Personel Lanud Hang Nadim Bantu Evaluasi Pasien dari RSUD Natuna ke RSBP Batam

Juliadi | Rabu 28 Apr 2021 15:20 WIB | 1926

TNI/Polri
RSUD/Rumah Sakit/Puskesmas
Lanud



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Lui Eng (57) seorang wanita asal kecamatan Serasan Kabupaten Natuna tiba-tiba merasakan sesak nafas yang berkelanjutan kurang lebih sudah berjalan satu bulan yang lalu.


Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Pangkalan TNI AU (Danlanud) Hang Nadim Letkol Pnb Iwan Setiawan, S.A.P melalui Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Hang Nadim Mayor Lek Wardoyo, Rabu (28/4/2021).


Dikatakan Wardoyo, pihak keluarga mengambil keputusan untuk membawa Lui Eng (57) untuk berobat ke Ibukota Kabupaten dengan tujuan tidak lain adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna.


Lanjut dikatakan Wardoyo, mengingat fasilitas dan tenaga medis yang kurang lengkap, dari RSUD dirujuk ke Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam.


"Kabupaten Natuna merupakan salah satu wilayah gugusan kepulauan terdepan di wilayah paling Utara Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Wardoyo.


Menurut Wardoyo, letak geografis Kabupaten Natuna yang jauh, membuat Kabupaten Natuna sangat minim sarana dan prasarana kesehatan maupun transportasi.  Dari sinilah TNI AU hadir untuk rakyat, untuk masyarakat Natuna dengan menjalankan fungsi dan tugasnya dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) melalui Lanud Hang Nadim, Batam.


"Dengan menggunakan pesawat Hercules A-1303 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, evakuasi Liu Eng dari Natuna dapat dilakukan dan landing di Bandara Hang Nadim dengan aman dan lancar," ungkap Wardoyo.


Dikatakan Wardoyo, Personel pendukung operasi penerbangan (Dukopsbang) Lanud Hang Nadim  dengan sigap dan cekatan melaksanakan proses evakuasi pasien dari pesawat Hercules menuju ke ambulance.


Menurut Wardoyo, Liu eng didiaknosa menderita kanker payudara dan harus mendapat perawatan dan tindakan mesdis dengan secepatnya. (r/Adi) 



Share on Social Media