Batam

Momentum Bangkitkan Pariwisata, DPD ASPPI Kepri Gelar Tourism Soldier Carnival Kepri

Juliadi | Minggu 04 Apr 2021 16:22 WIB | 1448

Pariwisata



MATAKEPRI.COM, BATAM -- Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kepulauan Riau menggelar kegiatan Tourism Soldier Carnival yang berlangsung di Panggung Musuem Batam Raja Ali Haji, Dataran Engku Putri, Batam Center, Minggu (4/4/2021).


Ketua DPD ASPPI  Kepri, Justisia Primadona menyebut, kegiatan pertama 2021 sebagai momentum bangkitkan pariwisata Batam khususnya dan Kepri secara umum.


"kita berharap adanya kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan pariwisata, dengan adaptasi pariwisata dan adaptasi berwisata," kata wanita yang akrab disapa Donna.


Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB -22.00 WIB, Dona menyampaikan kegiatan dimulai yoga dari Batam Yoga Community bertema "Morning Yoga Lounge", zumba dari The Backbone Fitness, dilanjutkan dengan lomba vlog dari Youtuber Plat BP Batam dan lomba guiding dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batam.


Kegiatan ini juga dihadiri oleh Duta Wisata  Encik dan Puan Kota Batam Tahun 2021 dan Duta CHSE Kota Batam. "Duta CHSE (Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability) binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam sharing soal penerapan CHSE atau protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," terangnya.


Menurutnya Museum Batam Raja Ali Haji sangat cocok dijadikan sebagai tempat kegiatan Tourism Carnival karena salah satu destinasi wisata baru di Kota Batam. Tak hanya itu memiliki pemandangan yang indah dan cocok diabadikan lewat kamera.


"Kita ingin mengangkat Museum Batam Raja Ali Haji supaya lebih dikenal oleh masyarakat Kota Batam supaya lebih mengetahui sejarah Batam, dan kita juga ada lomba guiding tema juga museum," terangnya.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan fasion show bersama Batam Tik Tok Comunity bertema "Tour and Travel" kategori anak-anak dan dewasa.


"Mereka akan tampil memakai busana ala traveling," ucapnya.


Kemudian Cosplay Runway dari Tomodachi Batam, Carnival Runway dari DPD Akari Kepri, lucky draw, sharing ASSPI, modern dance, perform bollywood, dan pembukaan. Kegiatan terakhir adalah pengumuman pemenang lomba, penampilan Batik Kepri dari Batik 37 dari Debby Soemarwanto dan performance tari daerah. Selain menyuguhkan kegiatan yang menarik kepada pengunjung, karnaval terdapat bazar yang menawarkan ragam UMKM  kuliner dan fashion.


"Ada 19 stand terdiri dari makanan dan minuman, fashion, kosmetik,stand pendukung"  sebutnya.


Kepala Disbudpar Kota Batam, Ardiwinata membuka kegiatan menyampaikan apresiasi kepada DPD ASPPI telah menggelar kegiatan yang spekatakuler dalam rangka menggairahkan kembali pariwisata. Ardi berharap kegiatan ini berjalan sukses dan menjadi agenda tahunan pariwisata Kota Batam.


"Event ASPPI salah satu 163 calender of event atau kalender pariwisata Kota Batam," katanya.


Ia menyampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengembangkan infrastruktur dan memperindah Kota Batam dalam konsep pariwisata. Kota Batam juga memiliki amenitas yang lengkap, seperti adanya hotel, resort, rumah sakit, pelabuhan internasional. Kemudian Batam juga mempunyai ragam event budaya dan pariwisata.


“Kita butuh event menarik untuk mengairahkan kembali pariwisata dan ekonomi,” pintanya. (r/Adi) 



Share on Social Media