Tanjungpinang

Satrol Lantamal IV Gelar Latihan VBSS Triwulan I TA 2021

Juliadi | Rabu 24 Feb 2021 18:03 WIB | 1609

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM TANJUNG UBAN - Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satrol Lantamal) IV menggelar latihan Visit, Board, Search And Seizure (VBSS) yang berlangsung di Mako Lantamal IV dan Perairan Tanjung Uban Bintan, Kamis (18/2/2021) yang lalu. 


Latihan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 15  sampai dengan 18 Februari 2021 dengan macam latihan teknis dan taktis dengan pasukan.


Komandan Satuan patroli (Dansatrol) Lantamal IV Letkol Laut (P) Arif Prasetyo, S.E selaku Perwira Penyelenggara Latihan VBSS TW I Tahun 2021 mengatakan, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan, dan pemahaman prosedur dalam kegiatan VBSS bagi Prajuirt Satrol Lantamal IV dalam rangka menegakan hukum dilaut.


Dansatrol juga mengatakan, sasaran dari pada latihan ini adalah tercapainya pemahaman tentang teknik dan prosedur pada saat kegiatan VBSS, kemudian terwujudnya penguasaan ketrampilan yang benar, baik secara individu maupun kelompok tentang teknik dan prosedur kegiatan VBSS.


“Metode yang kita gunakan adalah dengan diskusi, demostrasi, drill, latihan jasmani dan gladi lapangan serta sifat latihan satu pihak dikendalikan," kata Dansatrol. 


Materi latihan yang diberikan terdiri dari perencanaan misi, boarding atau cara naik kapal, pertempuran jarak dekat, pergerakan diatas kapal (ship movement), penanganan terhadap tahanan, penyiapan dan pengendalian sekoci. (r/Adi) 



Share on Social Media