Tanjungpinang

Kadiskum Lantamal IV Beri Pembekalan Pelatihan VBSS

Juliadi | Kamis 18 Feb 2021 18:14 WIB | 1596

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM TANJUNG UBAN – Kepala Dinas Hukum Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Kadiskum Lantamal IV) Tanjungpinang Letkol Laut (KH) R. Deni Nugraha Ramdani, S.H. M.H., M.M., M.Tr. Hanla., memberikan pembekalan Hukum pada Latihan Visit Board And Seizure (VBSS) Satrol Lantamal IV Tri Wulan (TW) I Tahun 2021, yang berlangsung di Kantor Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV Komplek Koarmada I Tanjunguban Bintan Kepri, Rabu siang (17/2/2021).


 Kadiskum Lantamal IV dalam pembekalannya memberi judul Penegakan Hukum di Wilayah Perbatasandimana tengah menghangatnya konflik di Laut Cina Selatan berpengaruh terhadap stabilitas keamanan dan perdamaian di Laut Natuna Utara. 


Dalam pembekalanya Kadiskum menjelaskan “Permasalahan batas maritim di Laut Natuna Utara belum tuntas, sehingga unsur/KRI di lapangan dalam melaksanakan penegakan kedaulatan dan hukum berpotensi menimbulkan konflik,” jelasnya


Dikatakanya juga “Operasi di Laut Natuna Utara rentan terjadi pelibatan (Engagement) antara unsur TNI Angkatan Laut dengan kapal sipil asing, kapal pemerintah asing dan kapal/pesawat udara perang asing baik Claiment State maupun Non Claiment State,” ujarnya.


“Untuk itu diperlukan Aturan Pelibatan (RoE) sebagai pedoman bagi para Komandan Unsur/KRI di lapangan dalam bertindak mengambil suatu keputusan dengan cepat, tepat dan bertanggungjawab”, sebut Kadiskum Lantamal IV.

Kadiskum Lantamal IV juga menyampaikan ketentuan-ketentuan yang berkaitan tentang Hak Lintas Damai, Hak Lintas Transit, Hak Lintas ALKI, Hak Akses Komunikasi, Penerapan Penegakan Hukum di wilayah Undelimited Area (Tumpang Tindih) dan Tata Cara Berlalu Lintas di Traffic Separation Shcame (TSS). Untuk itu para Komandan unsur/KRI di lapangan WAJIB untuk mengetahui dan memahami aturan-aturan Hukum Nasional dan Hukum Internasional


Kegiatan Latihan VBSS ini diikuti oleh Dansatrol Lantamal IV Letkol Laut (P) Arif Prasetyo,S.E., Pasops Satrol Lantamal IV Mayor Laut (P) Eko, para Komandan KRI, para Komandan KAL dan para Komandan Patkamla di Jajaran Satrol Lantamal IV.


Untuk memberikan semangat dalam berinteraksi, Kadiskum Lantamal IV memberikan doorprize bagi personil yang dapat menjawab pertanyaan, maupun yang bertanya. (r/Adi) 



Share on Social Media