Tanjungpinang

Satgas Banjir Lantamal IV Laksanakan Evakuasi Disejumlah Wilayah di Tanjungpinang

Juliadi | Sabtu 02 Jan 2021 20:52 WIB | 1727

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM TANJUNGPINANG – Satuan Tugas Banjir Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Satgas Banjir Lantamal) IV Tanjungpinang melaksnakanan evakuasi kepada warga masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor disejumlah wilayah di Tanjungpinang Kepualaun Riau, Sabtu (2/1/2021). 


Hujan deras yang mengguyur Kota Tanjungpinang sejak Jumat sore sampai Sabtu siang ini membuat sebagian wilayah kota Tanjungpinang tergenang banjir sampai dengan terjadinya tanah longsor. 


Beberapa titik banjir yang berhasil dievakuasi oleh Satgas Lantamal IV adalah rumah pribadi Ratna (PNS Lantamal IV) di Jalan Bhayangkara bawah, Jalan Bhayangkara Gg. Nipa, Kampung Kolam belakang Komplek TNI AngkatanLaut Rajawali, Perumahan Nusaraya Jalan Hanjoyo Putro Batu 8 atas.


Sementara itu tanah longsor terjadi di rumah pribadi Sersan Satu Marinir (Sertu Mar) Beny dan Kopral Kepala (Kopka) Mar Ervan anggota Yonmarhanlan IV di Jalan Pembakaran Mayat Km 8 atas Tanjungpinang.


Kedatangan Tim Satgas Banjir Lantamal IV yang mendatangi disejumlah tempat lebih cepat disambut baik oleh warga masyarakat yang terdampak banjir, Selain seluruh personel berkerja bahu membahu berjibaku degan genangan air banjir dan tanah longsor dan juga Asops Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Hariyo Purnomo, M.M berkesempatan memberikan makanan kepada masyarakat


Satgas Banjir Lantamal IV mengerahkan puluhan personel dari Mako Lantamal IV dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV  yang dipimpin langsung oleh Letkol Mar Kemal Mahdar, S.H., M.Tr, Opsla.


”Saat ini kita sedang membantu mengevakuasi masyarakat di Jalan Hanjoyo Km 8 atas, ada beberapa orang tua dan anak-anak yang berhasil kita evakuasi menggunakan perahu karet,” jelas Danyonmarhanlan IV. 


 Lanjut dikatakannya, sejak mendapat informasi awal bahwa di  daerah Km 8 Tanjungpinang terjadi banjir karena hujan lebat yang mengguyur semalaman sehingga mangakibatkan air meluap tinggi sampai mengakibatkan banjir dan tanah longsor. 


Ditambahkan juga, Yonmarhanlan IV selalu menyiagakan personel untuk menghadapi banjir tatkala memasuki musim penghujan, hal tersebut untuk mengantisipasi terjadi bencana alam seperti saat ini. (r/Adi) 



Share on Social Media