Bintan

Gegap Gempita Sambut Kedatangan KRI Bima Suci-945 di Tanjung Uban

Juliadi | Sabtu 31 Oct 2020 21:11 WIB | 2084

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM TANJUNG UBAN – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut  (Danlantamal) IV Tanjugpinang Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, S.E., M.Han bersama Ketua Koordinator Cabang (Korcab) IV Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Helena Indarto Budiarto dan undangan lainnya menyambut dengan gegap gempita kedatangan KRI Bima Suci-945 yang sandar di dermaga Fasharkan Mentigi Tanjung Uban, Bintan Kepulauan Riau, Sabtu (31/10/2020).


Kedatangan KRI Bima Suci -945 ke Tanjung Uban, adalah dalam rangka membawa para Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut Tingkat III angkatan ke-67, untuk mengikuti Latihan Praktek Pelayaran Muhibah Kartika Jala Krida 2020. 


Kapal tersebut berangkat dari Surabaya mengelilingi Indonesia sejak hari Sabtu tanggal 26 September 2020 menyinggahi 10 Kota pelabuhan yaitu Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban, Ranai, Tarakan, Sorong, Tual dan Kupang.


Setelah sandar Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Waluyo, Dansatgas KJK tahun 2020, perwakilan dari Taruna dan Taruni turun kedermaga disambut dengan tari persebahan yang merupakan tarian khas adat melayu kepada tamu-tamu yang datang berkunjung di Bunda Tanah Melayu


 Setelah itu mereka masing-masing berksempatan mendapat kalungan bunga dari Danlantamal IV, Danguskamla Koarmada I, Wadanlantamal IV serta menyematkan selempang dan bunga tangan oleh Ketua Korcab IV DJA I.


Kemudian seluruh undangan berkesempatan naik ke atas kapal untuk tour area, sebelum memberikan keterangan pers dihadapan awak media, Komandan KRI Bima Suci berkesempatan memberikan bantuan alat kesehatan kepada  Danlantamal IV diatas geladak KRI Bima Suci-945.


Dalam keterangan persnya Danlantamal IV mengatakan, KRI Bima Suci - 945 adalah KRI latih bagi Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) dalam mengimplementasikan materi-materi pelajaran yang sudah diterima selama ini, sehingga para Taruna dan Taruni dapat secara langsung  melihat dan mempraktekkan agar nantinya sebagai pengetahuan apabila sudah menjalani kedinasan di kapal.


Danlantamal IV menambahkan, total jarak tempuh seluruh pelayarannya adalah 9.910 NM, lama waktu 98 hari. Sebelum ke Tanjung Uban kapal tersebut berlayar dari pelabuhan Belawan Medan Sumatra Utara, dan akan melanjutkan ke Ranai Natuna setelah selama 3 hari berada di Tanjung Uban.


Lebih jauh dikatakannya, selama di Tanjung Uban para Taruna dan Taruni akan menjalankan beberapa kegiatan yaitu sore nanti mereka akan berolah raga untuk menambah kebugaran bersama Prajurit yang berada di Tanjung Uban dan Tanjungpinang, kemudian besoknya tanggal 01 November 2020 akan melaksanakan kegiatan tanam mangrove dan bersih-bersih pantai di Lagoi.


“Tanggal 02 November 2020, akan melaksanakan Display Drumband Genderangan Suling Gita Jala Krida di Gedung Daerah Tanjungpinang dan malamnya KRI Bima Suci akan menggelar cocktail party di Geladak KRI Bima Suci. Tanggal 03 November 2020 KRI Bima Suci akan melanjutkan pelayaran muhibahnya ke Ranai Natuna,” jelas Danlantamal IV.


“Kehadiran KRI Bima Suci dan para Taruna dan Taruni salah satunya adalah untuk menggugah dan memperkenalkan TNI Angkatan Laut kepada para pemuda harapan bangsa untuk mengabdi kepada negara melalui masuk TNI Angkatan Laut khususnya Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut,” pungkas Danlantamal IV.


Hadir dalam kegiatan tersebut  Wadanlantamal IV Kolonel Marinir Gatot Mardiyono, Para Pejabat Utama Lantamal IV, Danlanal Batam, Dansatkat Koarmada I, Dansatran Koarmada I, Dandim 0315/Bintan, Danwing Udara 1, Danlanudal Tanjungpinang, Kapolres Bintan, Asisten II Walikota Tanjungpinang serta ibu-ibu pengurus Jalasenastri. (r/Adi) 



Share on Social Media