Batam

Penguatan ZI Menuju WBK dan WBBM, Sekjen Kemenkumham Berkunjung ke Batam

Juliadi | Rabu 23 Sep 2020 22:20 WIB | 2285

Lapas/Rutan/LPKA/LPP



MATAKEPRI.COM BATAM - Dalam rangka memberikan penguatan pembangunan  Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi ( WBK )  dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM )  di lingkungan Kanwil Kepri. 


Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Bambang Rantam Sariwanto lakukan kunjungan kerjanya ke Kanwil Kepulauan Riau. 


Selain memberikan penguatan pembangunan  ZI menuju WBK dan WBBM di lingkungan Kanwil Kepri, kunjungan tersebut juga memberikan arti yang luar biasa bagi kantor wilayah terutama bagi Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Batam, Rabu (23/9/2020).


Kunjungan tersebut juga dihadiri unit eselon I Sekjen Kemenkumham Kabiro Perencanaan Iwan Kurniawan, Kabiro Kepegawaian Mohammad  Hayat Henry, Kabiro Keuangan Wisnu Nugroho Dewanto, Kabiro BMN Haris Sukamto, Kapusdatin Hermansyah Siregar serta Kabiro Humas Pagar Butar Butar.


Kehadiran Sekjen Bambang Rantam dan rombongan di tempat acara Hotel Best Western Panbil (BWP) Batam disambut hangat dengan yel-yel WBK oleh dari Kanim Belakang Padang serta tari persembahan sekapur sirih yang merupakan tarian adat sebagai bentuk rasa hormat dan ucapan selamat datang kepada tamu-tamu besar di bumi melayu.


Secara simultan ada beberapa rangkaian acara yang disejalankan sebelum acara pokok penguatan ZI  WBK/WBBM oleh Sekjen Kemenkumham antara lain Pengukuhan Satgas WBK/WBBM Kanwil Kepri dengan Pemasangan Handbage Satgas WBK/WBBM oleh Sekjen kepada Pimti Pratama dilanjutkan dengan pembacaan surat pernyataan sikap tim pembinaan kinerja pembangunan ZI kantor wilayah yang dipimpin oleh Kakanwil dan pemberian secara simbolis multivitamin penambah daya tahan tubuh kepada perwakilan pegawai, launching  SILARIS  serta Peresmian Law And Human Right  Centre Kanwil Kepri.


“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam upaya kita meraih predikat WBK/WBBM yaitu ; komitmen pimpinan dan seluruh tim harus membangun persamaan persepsi dalam pelaksanaan ZI, menyusun strategi, juga menjaga konsistensi dalam mengelola inovasi layanan,“ kata Bambang Rantam saat beri arahan dan penguatan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM di hadapan Kakanwil Kepri Agus Widjaja, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Unit Pelaksana Teknis Imigrasi dan Pemasyarakatan serta Pejabat Pengawas dan Administrator di lingkungan Kanwil Kepri.


Bambang Rantam juga mengingatkan kembali, bahwa pada tahun 2020 ini Kemenkumham telah mengajukan 520 satker  ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi birokrasi (MenPAN-RB) untuk di usulkan satker berpredikat WBK/WBBM.


“Tahun 2020 ini adalah momen bagi Kemenkumham untuk mewujudkan zona integritas WBK/WBBM , sesuai dengan yang ditetapkan oleh Menkumham minimal 70% satker berhasil meraih predikat WBK/WBBM,“ ujarnya.


“Ini adalah waktunya kita memberikan kinerja terbaik dengan semangat dan optimisme menuju keberhasilan , bekerja dengan jujur, ikhlas , ramah-tamah dan bertanggung jawab serta tetap menjunjung tinggi kode etika,“ imbuhnya menegaskan.


Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kepri Agus Widjaja dalam laporannya menjelaskan, bahwa dari 22 satker yang diusulkan Kanwil Kepri, sebanyak 17 satker yang terdiri Kantor Wilayah, 11 UPT Pemasyarakatan dan 6 UPT Imigrasi telah diusulkan ke Men-PAN RB dan selanjutnya akan mengikuti penilaian dari Tim Penilai Internal.


“Dari semua satker yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional ( TPN ), ada 2 satker yang diusulkan untuk meraih predikat WBBBM yaitu Kanim Kelas I Khusus TPI Batam dan Rutan Kelas I Tanjungpinang,“ bebernya.


Selain itu dalam laporannya tersebut Kakanwil juga mengungkapkan tujuan dilaksanakannya penguatan pembangunan ZI Menuju WBK/ WBBM ini adalah untuk meningkatkan komitmen dan semangat jajaran kantor wilayah dalam meraih predikat WBK/WBBM.


Penguatan oleh Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto juga diikuti oleh seluruh jajaran kantor wilayah maupun UPT Imigrasi dan Pemasyarakatan termasuk LPKA Batam melalui virtual aplikasi zoom. (r/Adi) 



Share on Social Media