Batam, News, Ekonomi

Dekransada Bersama Disperindag Kota Batam, Gandeng Gojek Luncurkan IKM Batam Go Digital

Juliadi | Sabtu 13 Jun 2020 10:35 WIB | 3326

Wisman


Ketua Dekransada Marlin Agustina Rudi, Jumat (12/6/2020)


MATAKEPRI.COM BATAM -- Sebuah Inovasi baru yakni Program Industri Kecil Menengah (IKM) Batam Go Digital dilaunching, program ini kerjasama antara Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekransada) Kota Batam dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (Disperindag) Kota Batam menggandeng Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) di Alun –alun Engku Putri, Batam Centre, Jum’at (12/06/2020).


Program ini bertujuan untuk membantu Industri Kecil Menengah (IKM)  Kota Batam dalam promosi dan penjualan pada masa Pandemi Covid-19. Dengan demikian para pelaku IKM dapat beradaptasi dengan sistem promosi dan penjualan secara online. Dimana IKM Kerajinan melalui Go Shop dan IKM Makanan melalui Go Food.


Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau melaporkan  sebelum Program IKM Batam Go Digital di launching, telah dilaksanakan pelatihan terlebih dahulu selama 2 (hari) pada tanggal 11 - 12 Juni 2020 di Gedung Dekranasda Kota Batam.
Tentu acara pelatihan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan menjaga jarak, menggunakan masker dan mengukur suhu tubuh sebelum mengikuti acara.


Menurut Gustian, peserta yang mengikuti pelatihan ini sejumlah 150  peserta pelaku IKM dimana dibagi menjadi 5 sesi acara.


Sementara itu, Ketua Dekransada Marlin Agustina Rudi mengatakan, bahwa pandemik ini sangat mempengaruhi pendapatan para pelaku IKM dan UKM di Kota Batam. Khususnya para pedagang oleh – oleh dimana pendapatannya dipengaruhi kunjungan wisatawan manca negara (wisman)  maupun wisatawan nusantara (wisnus).


“Kita mulai menghidupkan perekonomian melalui IKM – IKM di Kota Batam melalui online tetapi harus tetap menerapkan protokol – protokol kesehatan yang telah di tentukan,” ungkap Marlin.


Penandatangan Nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral Kota Batam oleh Gustian Riau dan Gojek (PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa) yang ditanda tangani oleh District Head Gojek Batam, David Riston, langsung disaksikan oleh Marlin Agustina Rudi. (Adi) 



Share on Social Media