Tanjung Pinang

Lantamal IV Gelar Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19

Juliadi | Rabu 08 Apr 2020 18:59 WIB | 1449

Lantamal/Lanal
TNI/Polri
Corona


Istimewah


MATAKEPRI.COM TANJUNGPINANG - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang kali ini menggelar Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 yang berlangsung di garase mobil Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Nomor 1 Batu Hitam Tanjungpinang, Kepri, Rabu (8/4/2020). 


Kegiatan yang digelar selama lima hari ini, diikuti oleh segenap Prajurit dan PNS Lantamal IV serta Prajurit dari KRI dan KAL jajaran Lantamal IV Tanjungpinang. 


Materi Pelatihan hari pertama tanggal 7 April 2020 yaitu Sosialisasi Tentang Covid-19 dan Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Covid-19 yang disampaikan oleh Letda Laut (K) dr. Dewa Nyoman  Putra Suwastika dari Dinas Kesehatan Lantamal IV.


Kegiatan Pelatihan hari ini  disampaikan oleh Asisten Intelijen Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Ari Aryono., S.E, yaitu tentang Penanganan Tehnis Wabah Covid-19 serta Pelibatan TNI AL Dalam Penanganan Covid-19 dan Pengamanan Wilayah Lockdown.


Kemudian untuk rencana kegiatan hari ketiga yaitu Drill Tehnis Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD), Pengamanan Wilayah lockdown, Evaluasi Medis Pasien Covid-19 dan Pemeriksaan Kapal di Laut oleh KKP Kelas II Tangjung Pinang dan Sops Lantamal IV, kemudian hari keempat praktek dilapangan dan hari kelima kaji ulang dan briefing terakhir.


“Tujuan dari Latihan tersebut adalah untuk meningkatkan kesigapan Prajurit dan Pns didalam mendukung aksi pemerintah dalam penanganan Covid-19," kata Asisten Operasi Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo., S.E, disela-sela latihan. 


Seperti diketahui bersama bahwa pandemic Covid-19 untuk di Indonesia sudah hampir mewabah di 34 Provinsi, untuk itu TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal IV, sesuai petunjuk pimpinan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam hal cega dini penyebaran Covid-19 sehingga diharapkan segenap Prajurit dan Pns Lantamal dapat terhindar dari Covid-19. (Ril)