Batam

Pangkogabwilhan I Resmikan RS Khusus Penanganan Covid-19 di Pulau Galang Batam

Juliadi | Senin 06 Apr 2020 18:59 WIB | 3501

Polda Kepri
Kesehatan
TNI/Polri


Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono., SE., MM saat meresmikan RS Khusus Penanganan Covid-19 di Pulau Gala


MATAKEPRI.COM BATAM -- Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan  (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya TNI Yudo Margono., SE., MM meresmikan Rumah Sakit (RS) Khusus Penanganan Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepri, Senin (6/4/2020). 


Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono., SE., MM beserta rombongan tiba di VVIP Bandara Hang Nadim sekitar pukul 12.00 WIB yang langsung disambut Plt Gubernur Kepri Isdianto, Pangdam I /BB Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadilah, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema., S.Sos, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah., SE., M.A.P Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto., SIK, Kajati Kepri dan Walikota Batam Muhammad Rudi. 


Setelah tiba di Batam Pangkogabwilhan I beserta rombongan mengunjungi Ex Camp Vietnam Kecamatan Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri untuk meresmikan RS Khusus Penanganan Covid-19. 


Selanjutnya, sekitar pukul 15.10 WIB, RS Khusus Penanganan Covid-19 Pulau Galang diresmikan operasionalnya oleh Pangkogabwilhan I. 


Sebelum melakukan peresmian Pangkogabwilhan I bersama dengan Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto dan Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah melakukan peninjauan kesiapan bangunan, peralatan medis serta dokter dan tenaga medis yang ada pada Rumah Sakit Khusus tersebut.


Pangkogabwilhan I menyampaikan, bahwa RS ini sudah siap beroperasional sesuai dengan yang ditekankan oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo bahwa hari ini (6/4/2020) RS Khusus Penanganan Covid-19 Pulau Galang ini resmi dapat dioperasikan. 


"Harapan kita tidak ada masyarakat kita yang menjadi pasien di Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang ini namun minimal kita siap," tegas Pangkogabwilhan I. 


Salah satu ruangan isolasi di RS Khusus Penanganan Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepri 


Pangkogabwilhan I, menjelaskan RS ini juga akan menerima pasien rujukan dari RS yang ada di Kota Batam dan tenaga medis yang ada di RS ini berasal dari TNI, Polri dan Relawan yang ingin mengabdikan dirinya sebagai tenaga medis (Kreteria tenaga medis relawan ditentukan oleh RS Khusus Penanganan Covid-19).


Pangkogabwilhan I menjelaskan, keseluruhan petugas Medis, Paramedis dan Relawan RS ini yang berlokasi di Pulau Galang Kelurahan Sijantung, Kecamatan Galang, Kota Batam sebanyak 244  orang. 


Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto mengungkapkan bahwa Keberadaan rumah sakit ini sendiri adalah keberuntungan bagi masyarakat Provinsi Kepri.


Polda Kepri sendiri mengirimkan 10 orang tenaga medis yg terdiri dari tiga perawat, dua tim evakuasi (beranggotakan 6 pers) dan satu analis kima lab. (r/Adi) 



Share on Social Media