Batam

Batam Mendapat Bantuan 20.000 Test Kit dari Singapura

Juliadi | Sabtu 04 Apr 2020 10:13 WIB | 3431

Pemko/Pemda/Pemrov/Pemerintah
BP Batam
Sumbangan


Kepala BP Batam /Walikota Batam Muhammad Rudi terima bantuan dari Konjen Singapura Mark Low, Jumat (3/4/2020) malam. Fot


MATAKEPRI.COM BATAM -- Untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), kini Pemerintah Kota (Pemko) Batam kembali mendapatkan bantuan berupa 20.000 test kit dari Singapura melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Singapura di Batam.


20.000 test kit langsung diserahkan oleh Konjen Singapura Mark Low dan diterima langsung oleh Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam /Walikota Batam bertempat Muhammad Rudi, VVIP Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Jumat (3/4/2020) malam.


Mark Low mengungkapkan, bahwa 20.000 test kit tersebut berasal dari Pemerintah Singapura dan Kementerian Kesehatan Singapura sebanyak 10.000 test kit dan Yayasan Temasek Singapura sebanyak 10.000 test kit.


Menurut Mark Low, test kit ini bukanlah rapid test, akan tetapi swab test yang memiliki tingkat akurasi lebih tinggi.


“Selain test kit, kami juga menyerahkan dua set alat Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk Batam. Sedangkan untuk Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kami menyerahkan 750 set lengkap Alat Pelindung Diri (APD),” jelas Mark.


Mark mengatakan, bantuan dari Singapura kepada Indonesia, khususnya Kota Batam ini bukan yang pertama. Namun sebelumnya, pemerintah Singapura dan gabungan pekerja Singapura di Batam telah mendonasikan 205 set lengkap Alat Pelindung Diri (APD) sebagai bentuk solidaritas dan sinergi positif antar dua negara.


“Masih ada 4 set ventilator dari Yayasan Temasek. Namun karena alat ini cukup sulit didapatkan karena out of stock, jadi mungkin dua bulan lagi baru bisa kami serahkan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau,” kata Mark. (r/Adi) 



Share on Social Media