Batam

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Lubukbaja Langsung Bergerak

Juliadi | Sabtu 21 Mar 2020 13:00 WIB | 1128

Corona


Pengecekan terhadap warga


MATAKEPRI.COM BATAM -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19)  tingkat kecamatan dibentuk, Kecamatan Lubukbaja langsung bergerak.


Dipimpin Camat Lubukbaja Novi Harmadyastuti, tim ini langsung bergerak menyisir pelosok perkampungan, Sabtu (21/3/2020).


Anggota tim ini terdiri dari Kepala UPT Puskesmas Lubukbaja dr. Agnes Sintalia Saing beserta anggota, Danramil 01 Batam Timur Kapten Inf Hendri Mulyadi beserta anggota, Perwakilan dari Polsek Lubukbaja, Sekretaris Kecamatan Lubukbaja M Ramadhan Zuhri, Lurah Se-Kecamatan Lubukbaja, pegawai se-Kecamatan Lubukbaja hingga unsur RT dan RW.


Dengan thermal gun, tim ini mengukur suhu warga sekaligus mengindentifikasi  dan warga yang memiliki gejala dan riwayat keluar daerah kota Batam.


"Mari menjadi relawan tingkat kelurahan melakukan identifikasi dan melaporkan  warga yang sakit dengan gejala mirip Covid-19, seperti demam, batuk, mudah lelah, dan lainnya, untuk diperiksa di fasilitas kesehatan Kota Batam," kata Novi.


Pada Kamis (19/3/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan corona virus disease (Covid-19) Kota Batam membentuk tim tingkat kecamatan. Unsurnya terdiri dari camat, lurah, puskesmas, hingga perangkat RT/RW.


“Hari ini dibentuk tim di kecamatan yang mengikutsertakan unsur pimpinan kecamatan, kepala puskesmas, lurah. Lurah juga akan mengikutsertakan koordinasinya dengan RT/RW setempat,” kata Amsakar Achmad, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, sekaligus Wakil Walikota Batam.


Amsakar mengatakan, tim Gugus Tugas akan melakukan penyisiran terhadap warga yang masuk dalam empat kriteria:


1. Orang dalam Pemantauan (ODP)
2. Pasien dalam Pengawasan (PDP)
3. Suspect
3. Terkonfirmasi


"Empat kriteria inilah yang jadi sasaran tim yang dibentuk di tingkat kecamatan tadi," jelas Amsakar. (Adi)