Nasional , News

Adopsi Dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan -SDGs Membantu Bisnis Indonesia

Juliadi | Sabtu 14 Dec 2019 10:59 WIB | 1790



Istimewah


MATAKEPRI.COM, JAKARTA - Sejak Pemerintah Republik Indonesia berfokus pada komitmen pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs), perusahaan di Indonesia juga memanfaatkan SDGs untuk mengurangi potensi konflik di wilayah operasi mereka, sembari membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar dan pemerintah.


SDGs tidak hanya menjadi sistem manajemen risiko dan reputasi dan pada dasarnya menyoroti dan mengatasi kesenjangan besar dalam pembangunan yang ada, namun juga menghadirkan peluang besar bagi perusahaan Indonesia untuk mengembangkan pasar dan penawaran yang sejalan dengan masyarakat dan lingkungan.


Sejalan dengan fokus terhadap SDGs yang berkembang di Indonesia, PT Grundfos Pompa berkolaborasi dengan RIG Manajemen Risiko di Bina Nusantara (BINUS) University, Jakarta, Indonesia, menyelenggarakan sebuah konferensi tentang bagaimana Sustainability Development Goals (SDGs) PBB Dapat Membantu Bisnis di Indonesia Bertumbuh di Jakarta baru-baru ini,  Jumat (13/12/2019).


Dalam  konferensi tersebut, Giancarlo Roggiolani, General Manager - Grundfos Indonesia dan Filipina, Amalia Adininggar Widyasanti ST, Msi, M.Eng., PhD, Penasihat Senior untuk Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Ekonomi dan Pembiayaan, Kepala Sekretariat Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Republik Indonesia dan Zulfira Warta, Climate dan Energy Manager, World Wide Fund (WWF) - Indonesia mempresentasikan mengenai manfaat dan dampak dari SDGs terhadap bisnis.

Manfaat yang didapatkan bisnis yang selaras dengan SDG utama Indonesia PT Grundfos Pompa, perusahaan teknologi pompa dan air global, adalah pendukung kuat keberlanjutan dan menjadi contoh bagaimana bisnis dan masyarakat dapat memperoleh manfaat dengan mengadopsi dan selaras dengan SDGs.


Perusahaan telah berkontribusi di Indonesia dalam beberapa inisiatif utama seperti mempromosikan konservasi energi melalui penggunaan pompa hemat energi, solusi tangguh untuk mitigasi banjir dan menyediakan akses ke air bersih bagi masyarakat.


PT Grundfos Pompa juga telah menciptakan model keuangan bayar-sesuai-penggunaan untuk mendorong pengadopsian pompa hemat energi.



Sebagai contoh, menurut data pelanggan PT Grundfos Pompa, mereka telah terbukti menghemat biaya rata-rata hingga Rp4,4 miliar per tahun dengan menggunakan pompa yang hemat energi. Penghematan biaya dihasilkan dari peningkatan efisiensi energi hingga rata-rata 3,2 kWH per tahun.


Data tersebut, yang dihasilkan dari 22 pelanggan perusahaan dari 2015 hingga 2018, membuktikan bahwa adopsi SDG dari PBB dapat membantu bisnis di Indonesia untuk menghemat lebih banyak dan bertumbuh lebih jauh.


Berbicara di konferensi ini, Giancarlo Roggiolani, General Manager - Grundfos Indonesia & Philippines, mengatakan “PT Grundfos Pompa telah membantu pelanggan memenuhi kebutuhan mereka dalam efisiensi energi dan konservasi air melalui solusi teknologi pompa dan air. Kami telah menekankan pada SDG #6 (air bersih dan sanitasi) dan SDG #13 (aksi iklim) dalam operasional bisnis kami yang berkelanjutan, di mana kami dengan bangga dapat membuktikan bahwa penggunaan pompa hemat energi dapat membuat banyak bisnis untuk berhemat. Kami hadir untuk membantu bisnis di Indonesia memulai perjalanan transformasi mereka dan menjalankan bisnis yang lebih berkelanjutan."


Amalia Adininggar Widyasanti ST, Msi, M.Eng., PhD, Penasihat Senior untuk Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional untuk Ekonomi dan Pendanaan, Kepala Sekretariat Nasional Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Republik Indonesia, menambahkan, “Indonesia telah secara aktif mendukung SDGs dari sudut pandang negara dan bisnis. Peraturan Presiden tentang Implementasi SDG diberlakukan pada tahun 2017 dan sejak itu, Bappenas telah berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan utama dalam inisiatif mendukung implementasi SDGs di Indonesia. Perusahaan dapat memainkan peran strategis sebagai mitra Pemerintah Republik Indonesia untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan ini. SDGs adalah milik kita dan semua orang diharapkan berkontribusi sesuai kapasitas dan perannya masing-masing. Mengingat skala, ruang lingkup dan kompleksitas agenda pembangunan ekonomi, sosial, dan pola pikir transformasi lingkungan, yang terjadi karena SDGs, tidak ada satupun sektor pemerintah, bisnis, masyarakat sipil atau akademisi - akan dapat menjalankan transformasi itu sendirian.


Perusahaan dengan kapasitas mereka untuk meningkatkan akuntabilitas dan mendorong partisipasi, serta menerapkan model bisnis baru dapat memainkan peran kemitraan yang penting dengan lembaga pemerintah dan menciptakan nilai bersama. "


“Kami di WWF Indonesia mendukung target ambisius untuk meningkatkan kontribusi energi terbarukan sesuai dengan permintaan energi nasional dan target NDC Indonesia untuk pengurangan emisi.


"Meningkatkan solusi energi terbarukan berbasis alam akan memastikan dampak positif terhadap ketahanan iklim ekonomi dan masyarakat.


"Ini akan menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan dan akan memudahkan terhadap akses dan distribusinya.


"Kami juga menghubungkan fokus SDG #7 ini dengan SDG #6, #13, #14, dan #15. WWF Indonesia memahami potensi besar bagi perusahaan dan pelaku sektor swasta lainnya untuk berperan aktif dalam mencapai target ini di Indonesia, ” jelas Zulfira Warta, Climate dan Energy Manager, World Wide Fund (WWF) - Indonesia. (***) 



Share on Social Media