Nasional , News

Satgas Yonif RK 136/TS Ajarkan Penduduk Suku Mausu Ane Mengolah Lahan Kosong

Juliadi | Senin 25 Nov 2019 13:36 WIB | 2212

TNI/Polri


Satgas Yonif RK 136/TS Bersama Masyarakat suku Mausu Ane, Minggu (25/11/2019). Foto : Penrem 033


MATAKEPRI.COM, MALUKU - Bukan hanya bertugas untuk menjaga keamanan di wilayah Maluku, namun Personel Pos Mausu Ane SSK II Satgas Ops Pamrahwan Maluku Yonif Raider Khusus (RK) 136/Tuah Sakti (TS) memiliki tugas yang mulia yaitu mengajak dan mengajarkan bagaimana cara mengolah lahan kosong menjadi sarana bercocok tanam dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia kepada penduduk asli suku Mausu Ane.


Letnan Satu Infanteri (Lettu Inf) Sutyoso Doan Artoyudo selaku Danpos Mausu Ane SSK II mengatakan bahwa mereka lakukan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada warga tentang bagaimana cara memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.


“Sehingga saya dan personel pos mengajak dan mengajarkan warga bagaimana cara mengolah lahan kosong untuk dijadikan sarana bercocok tanam, dimulai dari pembukaan sekaligus pengolahan lahan, penanaman bibit, pemupukan, perawatan hingga mengambil hasil panennya, "kata Sutyoso, Minggu (24/11/2019). 


“Adapun bibit tanaman yang sudah kami tebar yaitu kangkung, sawi, kacang panjang dan kacang tanah, dipilihnya keempat jenis tanaman itu selain cocok terhadap iklim dan karakter tanah, keempat tanaman tersebut mudah dalam pengolahannya” jelas Sutyoso.


“Pada hari ini (Minggu, 24/11/2019) kami seluruh personel pos dan warga Mausu Ane sangat bersyukur bercampur dengan perasaan bahagia, karena perjuangan yang kami lakukan selama ini yaitu menanam bibit kacang tanah beberapa waktu lalu sudah membuahkan hasil dengan baik," ujar Sutyoso. 


Sutyoso, berharap dengan bekal ilmu yang diperoleh, maka penduduk asli suku Mausu Ane dapat langsung mempraktekannya secara mandiri, dikarenakan masih terdapat lahan kosong yang bisa di manfaatkan sebagai sarana bercocok tanam, sehingga sayuran tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga mereka. (Penrem 033) 



Share on Social Media