Batam, News

Samsat Batam Terima Penghargaan Dari Kemenpan-RB, Dalam Pelayanan Terbaik

Juliadi | Jumat 08 Nov 2019 18:27 WIB | 3373



Kepala Samsat UPT Batam Center Vira Jiansa Respaty., SH., M. Hum, Jumat (8/11/2019). Foto : Adi


MATAKEPRI.COM, Batam - Samsat UPT Batam, Kepri mendapatkan penghargaan pelayanan terbaik yang langsung diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bertempat hotel Aston beberapa waktu lalu.


Hal tersebut di sampaikan oleh Kepala UPT Samsat Batam, Vira Jiansa Respaty, SH, M. Hum, Jumat (8/11/2019).


"penghargaan yang diberikan untuk UPT Samsat Batam, Kepri, piagam penghargaan sebagai Role Model penyelenggara pelayanan publik untuk Katagori terbaik di tahun 2019," ujar Putri Pertama dari DR. H. M. Soerya Respationo., SH., MH.


Lanjut Vira, dimana penghargaan tersebut, langsung di berikan oleh Kemenpan-RB, yang dihadiri oleh Menpan-RB  H. Tjahjo Kumolo., S.H.


"Sebelumnya memang ada tim dari Kemenpan-RB, datang kesini untuk memberikan penilaian yang mencakup beberapa Indikator penilaian, "jelas Vira.


Dikatakan Vira, penilaian tersebut, pertama kebijakan pelayanan, Kedua profesionalisme SDM, ketiga sarana dan prasarana, keempat Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), kelima Konsultasi dan pengaduan dan Keenam terkait Inovasi.


"Alhamdulillah, dari enam Indikator ini sudah mendapatkan penilaian baik dari Regional I UPT Samsat Batam Center, "ungkap Vira.


Menurut Vira, sebelumnya Samsat Tanjungpinang tahun 2018 pernah mendapatkan nilai C, akan tetapi pada tahun ini Samsat Batam mendapatkan peringkat  nilai B khusus untuk UPT Batam Center.


"Dari tahun ke tahun kota giat - giat berikan pelayanan lebih baik lagi ke masyarakat, Alhamdulillah dari tahun ke tahun pelayanan Kita lebih meningkat juga dan kita juga ingin menjadi yang terbaik lagi, "tutur Vira.


Vira, menambahkan selain itu juga, ini merupakan usaha dari pihak Samsat UPT Batam Center.


Kedepannya, menurut Vira, pihaknya akan memberikan inovasi - Inovasi terkait perkembangan teknologi saat ini, untuk menambahkan titik - titik pelayanan lagi dan memberikan kemudahan ke masyarakat dalam pelayanan.


Samsat juga menyediakan Samsat Corner yakni di Harbour Bay, DC Mall, Kepri Mall dan BCS Mall. Alasan Samsat menyediakan Samsat Corner di Mall, dikarenakan memudahkan masyarakat untuk membayar pajak sekaligus bisa berbelanja di Mall.


"Samsat pusat di Batam Center, kami juga ada Drive Thru, Drive Thru merupakan inovasi untuk mas bayar pajak tidak harus turun dari motor dan mobil dan ada lagi pelayanan kami di Mall Pelayanan Publik, kami juga ada Bis Samsat keliling, juga mobil Samsat keliling, kami juga ada Samsat bergerak, "kata Vira.


Kalau Samsat keliling ini setiap bulan ada jadwalnya yang diumumkan lewat media cetak dan berpindah - pindah tempat, sedangkan Samsat bergerak ketempat titik - titik kumpul masyarakat dan stand by disitu.


"Disini tim kami bersama pihak kepolisian, Jasa Raharja dan bank akan turun kepasar, ke Kantor Camat dan kami membawa meja, kursi dan Laptop kami buka disitu, "tutup Vira. (Adi) 



Share on Social Media