Tanjungpinang, News

Aspers Danlantamal IV Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke - 91

Juliadi | Senin 28 Oct 2019 22:23 WIB | 3807

AD/AL/AU
TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Asisten Personel Komadan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Aspers Danlantamal) IV Kolonel Laut (K) Acep Maksum, S.E.,M.M., CHRMP., memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di lapangan apel Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu HitamTanjungpinang Kepulauan Riau, Senin (28/10). 


Upacara tersebut diawali dengan penaikan bendera merah putih, kemudian dilanjutkan dengan pembacaaan teks Pancasila, Pembacaan Pembukaan UUD’45 lalu ditutup dengan pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olahrga Zainudin Amali.


Dalam amanatnya yang dibacakan oleh Aspers Danlantamal IV mengatakan bahwa, “Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa, hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa”, ujarnya.


Juga dikatakan bahwa “Tema Bersatu Kita Maju” sesungguhnya diperuntukkan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju”, ungkapnya.


“Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia”, kata Menpora.


Lebih jauh dikatakan “Kemajuan tidak pernah akan tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya”, terangnya.


“Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya, tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan”, tambahnya.


“Wahai Pemuda Indonesia, Dunia Menunggumu, Berjuanglah, Lahirkanlah Ide-ide, Tekad dan Cita-cita, Pengorbanan dan Perjuanganmu Tidak Akan Pernah Sia-sia Dalam Mengubah Dunia”, ajaknya



 Pada akhir amanatnya Menpora RI mengatakan, “Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia, dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia”, pungkasnya.


Hadir pada upacara tersebut Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kepala Dinas/Kepala Satuan Kerja Lantamal IV, Para Pamen Lantamal IV. (***) 


Sumber : Kadispen Lantamal IV (Mayor Marinir Saul Jamlaay) 



Share on Social Media