Nasional , News

Lantamal VIII Dan Jajarannya Tanam 17 Ribu Bibit Mangrove

Juliadi | Senin 07 Oct 2019 13:51 WIB | 2484

AD/AL/AU
TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Manado - Dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII dan jajarannya yakni Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tahuna, Lanal Melonguane, Lanal Gorontalo dan Lanal Tolitoli melakukan penanaman 17 ribu bibit mangrove yang dikemas dengan tema "Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita" di masing-masing daerah pesisir pantai secara serempak. Senin (7/10).


Dari 17 ribu bibit mangrove Lantamal VIII menanam 4500 bibit yang dilakukan di Pantai Rap Rap Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado dengan melibatkan 700 personel yang terdiri dari gabungan TNI-Polri, unsur maritim, pemerintah daerah, Lembaga Sosial Kemasyarakat, pelajar SMP Hang Tuah Kairagi dan masyarakat.


Sedangkan Lanal jajaran Lantamal VIII sendiri yakni Lanal Tahuna menanam 3000 bibit dengan melibatkan 250 personel di Pantai Pertamina Tapuang Tahuna Timur Kabupaten Sangihe, Lanal Melonguane menama 2000 bibit melibatkan 200 personel di Pantai Kiama Induk Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud dan Lanal Tolitoli  menanam 5000 bibit melibatkan 260 personel di Pantai NTB Tobele Kalangkangan Galang Kabupaten Tolitoli serta Lanal Gorontalo menanam 2500 bibit melibatkan 500 personel di Pantai Kwandang Dusun Okimo Kabupaten Gorontalo Utara.


Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta, M.Mar., Stud., dalam amanat tertulis yang dibacakan Wadan Lantamal VIII Kolonel Laut (P) Johanes Djanarko Wibowo mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian ekosistem laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat serta untuk mempromosikan kemanunggalan TNI dan rayat serta mengajak seluruh elemen masyarakat agar terus meningkatkan kepekaan dan kepedulian akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan hutan yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.


Lebih lanjut Danlantamal VIII menyampaikan kegiatan ini juga merupakan wahana untuk mempereat tali silaturahmi antara Prajurit TNI, Lantamal VIII dengan instansi terkait dan masyarakat untuk itu Danlantamal VIII menyambut baik kegiatan seperti ini, karena sebagai bentuk tanggung jawab serta kepedulian kita bersama untuk tetap menjaga dan terus melestarikan kekayaan alam Indonesia khususnya kekayaan hutan mangrove yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.


Selain di wilayah Lantamal VIII, penanaman bibit mangrove juga dilakukan serempak oleh TNI Angkatan Laut dan  jajarannya yang tersebar di 74 titik seluruh Indonesia, dengan jumlah bibit mangrove yang berhasil ditanam sebanyak 300.074. Kegiatan secara serempak tersebut langsung dipimpin Panglima TNI dan Kasal dari Pantai Indah Kapuk Banten melalui video conference.


Penanaman di Pantai Rap Rap Tongkaina Bunaken tersebut di hadiri antara lain Kasiter Korem 131 Santiago, Kabiro Oprasi Polda Sulut, Para Asisten Danlantamal VIII, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Asisten I Walikota Manado, Camat Bunaken, Wakil Ketua serta Pengurus Korcab VIII Daerah Jalasenastri Armada II serta Kepal Dinas dan Kepala Satuan Kerja serta Komandan yang berada di Lantamal VIII. (***)


Sumber : Penlantamal VIII 



Share on Social Media