Batam, News

Satgassus Trisula Bakamla RI Berhasil Menangkap Dua Kapal Transfer Bahan Bakar Di Perairan Batam

Juliadi | Sabtu 28 Sep 2019 16:57 WIB | 311

Kriminalisasi
Penyelundupan
Ilegal
TNI
Angkatan Laut


Laksma TNI Nursyawal Embun, Diropsla Bakamla RI / IDNCG, Sabtu (28/9/2019). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM, Batam - Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Trisula Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dengan unsur KN Bintang Laut - 401 berhasil mengamankan floating barge berinisial PS 5001 yang sedang melakukan transfer bahan bakar minyak (BBM) berjenis Fame, di Perairan Kabil, Batam, Rabu (25/9/2019) yang lalu.


Hal tersebut, disampaikan oleh Laksamana Pertama (Laksma) TNI Nursyawal Embun, Direktur Operasi Laut (Diropsla) Bakamla RI / Indonesian Coast Guard (IDNCG), Sabtu (28/9/2019).


"Kali ini Bakamla melakukan penegakan hukum khususnya pelabuhan - pelabuhan Ekonomi di bidang Migas di perairan disekitaran Kepri, kenapa kita pilih Kepri untuk penegakan hukum. Karena berdasarkan data yang diterima dari Intelijen, "ujar Laksma TNI Nursyawal Embun.


Menurut Laksma TNI Nursyawal Embun, 
Pada hari Rabu tanggal 25 September 2019 lalu, pukul 22.00 WIB tim Satgassus untuk penanganan - penanganan operasi - operasi khusus dari Bakamla RI, telah melakukan penangkapan pelaku transfer Bahan Bakar jenis Fame.


Fame ini merupakan bahan bakar campuran untuk Bio Diesel, bahan bakar yang diangkut kapal floating barge yakni sekitar 3.900 Kilo liter.


Dikatakan Laksma TNI Nursyawal Embun, saat kapal tersebut, di cek tidak dilengkapi dokumen legal aspek pelayaran. Kemudian kapal Floating barge oleh Bakamla RI di serahkan ke Polairud.


"Barang bukti minyak saat aksi transfer tersebut, diketahui dari alat ukur baru di transfer 14 Ton dan ini akan dikembangkan pihak Polairud, "kata Laksma TNI Nursyawal Embun.


Ia menambahkan untuk awak buah kapal (ABK) yang diamankan ada 13 orang dari dua Tugboat


Laksma TNI Nursyawal Embun, menjelaskan bahwa semua operasi Bakamla RI lebih mengedepankan dan memprioritaskan dari kebijakan dari Negara.


Dikatakan Laksma TNI Nursyawal Embun, bahwa Bakamla tidak akan pernah redup. (Adi)