Batam, News

Kondisi Udara Batam Mendekati Tidak Sehat

Juliadi | Minggu 15 Sep 2019 05:39 WIB | 1214

Pemko/Pemda/Pemrov


Suasana akibat kabut asap, Sabtu (14/9/2019). Foto : Adi/MK


MATAKEPRI.COM, Batam - Udara Kota Batam mulai kategori tidak sehat. Berdasarkan pantauan alat pendeteksi, indeks standar pencemaran udara (ISPU) menunjukkan angka 60. Empat hari sebelumnya, ISPU Batam masih di angka 50, ambang batas kategori baik.


“Alat pendeteksi ISPU Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang di pasang di Batam membahas di Stasiun ISPU Batuaji di Mako Satpol, menunjukkan kualitas partikulat debu 10 mikron di atas 60. Alat ini berfungsi pada fase sedang atau memang tidak sehat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Herman Rozie melalui pesan singkat, Sabtu (14/9/2019).


Sementara untuk kategori tidak sehat memiliki rentang 101-199 , sangat tidak sehat 200-299 , dan berbahaya 300-500 .


Secara visual, sambungnya, kepekatan secepatnya di Batam hari ini memang lebih berbahaya dari hari sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, ada kebutuhan masyarakat yang memakai masker kompilasi beraktivitas di luar rumah.


“Tapi lebih baik tidak keluar dari rumah, tidak ada hal yang penting. Sebagian besar anak-anak setuju di dalam rumah saja. Namun untuk aspek kesehatan lebih detailnya bisa ditanyakan ke Dinas Kesehatan, ”kata dia.


Pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan jangan sampai terjadi pengembangan lahan atau kebakaran hutan di lingkungan sekitar. Jika menemukan titik api atau berhasil api hutan agar segera diinfokan ke instansi terkait. Bisa ke Dinas Pemadam Kebakaran Pemko Batam atau ke Manggala Agni KLHK.


Sementara pos pemadam kebakaran Pemko Batam berada di sembilan lokasi. Yakni Seipanas, Duriangkang, Batuampar, Sekupang, Kabil, Punggur, Nongsa, Sagulung, dan Tembesi. Sementara nomor pusat panggilan Dinas Pemadam Kebakaran adalah 113. Atau bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112. (Adi)