Nasional , News

Panglima Kolinlamil Ikuti Apel Gelar Pasukan Latgab TNI 2019

Juliadi | Jumat 06 Sep 2019 08:28 WIB | 4200

AD/AL/AU
TNI/Polri


Istimewah


MATAKEPRI.COM, Jakarta - Panglima Komando Lintas Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. yang menjabat sebagai Panglima Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) ikut dalam apel gelar pasukan Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 di Dermaga Madura, Ujung Mako Armada II TNI AL Surabaya, Kamis (5/9/2019).


Kolinlamil mengerahkan 2 unsnya, yaitu KRI Banda Aceh 593 yang BKO Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib) dan KRI Teluk Bintuni 520 yang di bawah komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).


Berbagai tantangan operasi laut akan diluncurkan dalam latihan ini, selain untuk melihat interoperabilitas antar-operasi matra dalam pelaksanaan operasi militer gabungan.


Apel Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019 kali ini mengundang 1.123 prajurit dari 11.823 prajurit yang akan terlibat dalam manuver lapangan dan demo power fire (FPD) yang akan digelar mulai tanggal 9-12 September 2019 mendatang di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Asembagus, Banyuwangi.


Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Kasad, semua prajurit TNI yang akan melakukan latihan, baik matra daratan, laut, udara, pasti sudah siap, sudah ada latihan puncak di setiap matra .


“Saya yakin kalian mampu menunjukkan yang terbaik, karena latihan di puncak telah dilakukan, lengkap dengan yang memuaskan,” kata Panglima TNI dalam amanat yang ditulisnya.


Latgab TNI 2019 dengan sandi “Dharma Yudha” mengambil tema, “Komando Gabungan TNI mengambil alih militer di mandala operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.” Yang didukung oleh Komando Tugas Udara Gabungan (Kogasudgab), Komando , Komandon Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kigasgablinud), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) dan dibantu oleh Satuan Tugas Pembicaraan (Satgasduk) Logistik, Komunikasi dengan Komunikasi , Perang Elektronika (Pernika), Kesehatan dan Pasukan Khusus.


Pada minggu sebelumnya, telah dilaksanakan Geladi Posko di Sesko TNI, Bandung mulai tanggal 26 Agustus 2019 s.d. 3 September 2019. Geladi Posko dimaksudkan untuk melatih kesiapan para pelaku latihan dalam merencanakan sebuah operasi militer perang dan mensimulasikannya di atas meja atau lebih dikenal dengan Tactical Floor Game (TFG).


Turut hadir pada apel gelar pasukan para pejabat Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau, dan Pejabat Kotama dari 3 matra. (***)


Sumber : Dispen Kolinlamil



Share on Social Media