Batam, News, Hukum & Kriminal

Area Peti Kemas Pelabuhan Batu Ampar Batam Dibakar

Juliadi | Selasa 27 Aug 2019 17:59 WIB | 3278

BP Batam


PBK BP Batam sedang memadamkan Api (Foto : Humas BP Batam)


MATAKEPRI.COM, Batam - Dari kejauhan, terlihat sekolompok orang menaiki perahu yang mencoba untuk berpindah daerah Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar. Perlahan-lahan, mereka mencari celah agar terhindar dari pantauan penjaga keamanan dan ketertiban pelabuhan atau Port Security Guard (PSG) dan mulai melakukan penyusupan.


Namun, para penyusup ini berhasil ditemukan oleh petugas PSG dan melakukan perlawanan. Situasi pun semakin memanas. Menghubungkan baku hantam antarpenyusup dan petugas PSG tak terelakkan.


Merasa terancam, para penyusup ini lantas rusak barang-barang di pelabuhan sehingga kepulan segera terlihat di daerah peti kemas. Satu demi satu tingkat keamanan meningkat.


Tak lama, bantuan dari tim gabungan Direktorat Pengamanan BP Batam, Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam, dan tim medis Rumah Sakit BP Batam tiba dan menyiapkan pengamanan lokasi kejadian. Situasi pun meningkat dari tingkat keamanan dua menjadi tingkat keamanan tiga.


Petugas yang mengeluarkan ini memadamkan api yang sedang diaktifkan menggunakan canon air atau meriam air dari kapal patroli ISPS Code dan bekerja sama dengan unit penyelamatan PBK BP Batam. Sementara tim medis dari Rumah Sakit BP Batam, melakukan penyelamatan bagi petugas yang terluka.


Melihat hal tersebut, penyusup yang berusaha memperbaiki diri. Begitu juga dengan kawanan penyusup yang ada di atas kapal. Dengan cekatan, baik perlindungan yang bergantung di Kapal Penyelamatan PBK BP Batam dan di area peti kemas membekuk dan mengatur para penyusup.


Begitulah rangkaian skenario dari kegiatan bertajuk “Latihan Simulasi Latihan Persiapan ISPS Kode Pelabuhan Batu Ampar” yang dilaksanakan pada hari Selasa (27/8/219) pagi di Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar.


General Manager Administrasi dan Umum Badan Pengelola Pelabuhan Batam Ferdiana Sumiartony mengatakan, kegiatan Bor atau latihan simulasi di pelabuhan merupakan persyaratan yang harus dilaksanakan untuk memperoleh ISPS (Keamanan Fasilitas Kapal dan Fasilitas Pelabuhan Internasional).


ISPS Code sendiri adalah peraturan yang mengatur tentang keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan yang menjadi bagian dari konvensi Organisasi Maritim Internasional dan Keselamatan Hidup di Laut (SOLAS) tahun 1974.


BP Batam Kembali Akan Benahi Tata Ruang Reklame

Pusat Data PDSI BP Batam Siap Jadi Penyedia Layanan Di Indonesia

BP Batam Siapkan Kota Batam Sebagai Pusat Blockchain


“Pelatihan ini merupakan yang pertama kali dilakukan BP Batam dan permulaan untuk simulasi gabungan pada bulan Oktober mendatang.Nantinya akan melibatkan pihak eksternal seperti kepolisian, Angkatan Laut, Badan Keamanan Laut RI, dan lainnya, ”kata Ferdiana.


Kegiatan simulasi ini membahas sekitar 58 orang, yang terdiri dari Badan Pengelola Pelabuhan Batam, Direktorat Pengamanan BP Batam, Penanggulangan Bahaya Kebakaran BP Batam, dan tim medis Rumah Sakit BP Batam.


Kegiatan simulasi ini, diumumkan Ferdiana, akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya, dianggap perlu kesiapan dalam pengerjaan pelabuhan. Yang bisa ditanggapi dengan baik, bisa ditanggulangi dengan baik.


Kapolsek Kawasan Pelabuhan Batam Badawi menyampaikan apresiasinya atas kegiatan eksplorasi ISPS Kode oleh Badan Pengelola Pelabuhan Batam tersebut.


“Ini adalah bentuk sinergitas kita antarinstansi dan kerjasama ini dapat diterapkan disetujui pada saat yang tidak kita duga. Untuk itu, kami siap kapan pun dibutuhkan, ”tegas Badawi. (***) 


Sumber: Humas BP Batam 



Share on Social Media