Tanjungpinang, News

Pasis Dikreg Sesko TNI Angkatan XLVI Mengunjungi Mako Lantamal IV Tanjungpinang

Juliadi | Rabu 21 Aug 2019 05:23 WIB | 4616

AD/AL/AU
TNI/Polri



MATAKEPRI.COM, Tanjungpinang - Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadanlantamal) IV Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Dr. Imam Teguh Santoso, ST, M.si, menerima kunjungan resmi Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Sesko TNI angkatan XLVI di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Selasa (20/8).


Kunjungan Pasis Dikreg Sesko TNI ke-XLVI adalah di dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN), yang diikuti sebanyak 31 (tiga puluh satu) orang terdiri dari 27 (dua puluh tujuh) pasis gabungan dari TNI Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL), Angkatan Udara TNI (TNI AU), kemudian 2 (dua) orang Polisi Republik Indonesia (Polri), serta 2 (dua) Pasis dari Negara Singapura dan Arab Saudi.


Didalam kunjungan tersebut rombongan Pasis Dikreg Sesko TNI ke-XLVI dipimpin oleh Direktur Evaluasi dan Pengembangan (Direvbang) Sesko TNI Marsekal Pertama TNI Anwar Kasim.


Dalam sambutannya, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, SE, MAP, yang dibacakan oleh Wadanlantamal IV mengatakan, Lantamal IV sebagai pemasok utama laut di provinsi Kepulauan Riau maritim, khusus di kawasan Selat Salaka dan merupakan perbatasan dengan negara Singapura, Malaysia, dan Vietnam. 


Provinsi Kepulauan Riau sebagai Provinsi Kepulauan terbesar di Indonesia harus memiliki TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal IV yang besar dan berkelas dunia (angkatan laut kelas dunia) 


Wadan Lantamal IV menjelakan, karena wilayah kerja Lantamal IV masuk dalam Alki I, yang merupakan jalur pelayaran yang sangat padat dilalui oleh kapal-kapal negara asing, dan digantung di tepian terdepan berhadapan langsung dengan beberapa negara tetangga dan untuk keperluan keselamatan nasional Amankan keamanan baik regional maupun internasional.


Sementara itu ditempatnyyang sama Direvbang Sesko TNI mengatakan bahwa, kegiatan KKDN memiliki peran penting dalam membangun perspektif Pasis agar, mampu menyusun konsep pengembangan dan pertahanan negara untuk pemerintah daerah, dan mendukung, meningkatkan perlindungan wilayah demi wilayah sesuai dengan jajaran. 


“Aktivitas ini merupakan aplikasi yang langsung diterima dari teori yang diterima oleh Pasis, di mana dihadapkan dengan kondisi nyata,” tutur Direvbang Sesko TNI.


Selesai menyambut, menghadiri pertemuan dengan presentasi yang disampaikan oleh Asisten Operasi (Asops) Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Edward H Sibuea, ST, tetang profil dan tugas utama Lantamal IV, serta tugas-tugas lainya seperti bantuan operasi pada perwira sipil. 


Antara lain Seperti yang dijelaskan Danlantamal IV dalam penjelasannya, Lantamal IV memiliki Tim Pemukul Armada Satu Respon Cepat (F1QR), yang telah berhasil menggagalkan berbagai bantuan tambahan yang dilaut dan penyelundupan seperti penyelundupan Narkotika jenis sabu-sabu, transmisi otomatis, serta hubungan, Baby Lobster, Unggas dan satwa liar yang dilindungi serta dilindungi pelayaran kapal yang dikirim melalui laut di wilayah kepri. ”Jelasnya. 


Usai penyampain tanggapan diberikan kesempatan bertanya jawab dari Pasis Dikreg Sesko TNI untuk pemapar.


Acara ditutup dengaan tukar menukar mata uang dan foto bersama di depan gedung Mako Lantamal IV.


Hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kepala Dinas dan Kepala Satuan Kerja Lantamal IV. (***) 


Sumber: Kadispen Lantamal IV 



Share on Social Media